READING

Hadang Corona, Pemkab dan Polres Kediri Pantau Pen...

Hadang Corona, Pemkab dan Polres Kediri Pantau Pendatang

KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri berjuang keras melawan penyebaran Covid-19 atau virus corona di wilayah mereka. Salah satunya adalah bekerjasama dengan Kepolisian Resor Kediri untuk memeriksa para pendatang yang masuk ke Kediri.

Bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri, Polres Kediri membentuk Pos Covid-19 di pintu masuk Kabupaten Kediri. Polisi menyiapkan tim medis untuk memeriksa kesehatan pendatang sebelum masuk ke wilayah Kabupaten Kediri.

Kasat Lantas Polres Kediri AKP Hendrix K Wardhana mengatakan pemeriksaan kesehatan ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di wilayahnya. “Sesuai petunjuk Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, pos covid-19 ini akan memberlakukan prosedur keamanan dan keselamatan mengatasi penyebaran virus corona,” katanya di pos Covid-19 yang dibangun di kawasan terminal Pare, Kamis 2 April 2020.

Di tempat ini petugas melakukan sterilisasi mobil angkutan, bus, dan truk beserta penumpang dan barang yang dibawa. Selain pemeriksaan fisik, identitas penumpang juga turut diperiksa polisi.

Pemeriksaan kesehatan penumpang ini dilakukan dengan mengecek suhu tubuh mereka. Bagi yang  ketahuan mengalami demam akan langsung diarahkan kepada petugas medis untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Sementara penumpang yang dianggap aman akan disemprot disinfektan yang tidak berbahaya bagi kulit manusia.

“Anggota Satlantas Polres Kediri juga telah menempatkan sejumlah Pos Covid-19 di titik perbatasan masuk wilayah Kabupaten Kediri,” kata Hendrix.

Upaya polisi yang melakukan pemeriksaan fisik ini ditanggapi berbeda oleh pengguna transportasi umum. Pasalnya pemeriksaan tak hanya dilakukan kepada penumpang yang turun di Kediri, tetapi juga penumpang jurusan lain yang melintasi wilayah Kabupaten Kediri.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono mengatakan penempatan pos panatu ini untuk mengawasi pergerakan para pendatang yang masuk ke wilayahnya. Dia tidak menginginkan kawasan Kabupaten Kediri kemasukan orang-orang yang terjangkit Covid-19 dan menambah jumlah ODR (orang dengan resiko) yang sudah ada.

“Masyarakat kita himbau mematuhi instruksi pemerintah untuk tetap di rumah. Bersama-sama kita jaga dan putus rantai penyebaran Covid-19 di Kediri,” katanya. (Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.