READING

Hal Yang Wajib Dilakukan Ketika Rapat Daring

Hal Yang Wajib Dilakukan Ketika Rapat Daring

Wabah virus corona membuat banyak orang harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru. Termasuk melakukan rapat online selama pemberlakuan program work from home (WFH). Meski terkesan lebih santai dan tidak ada yang mengawasi secara langsung, jangan sampai kita berperilaku asal-asalan selama bekerja.

Termasuk di dalamnya menjaga etika ketika melaksanakan rapat daring. Selain untuk menghormati para peserta rapat yang lainnya, jangan sampai perilaku kita yang tidak profesional justru mengganggu jalannya rapat atau merusak konsentrasi peserta lainnya. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan ketika sedang virtual meeting.

Login tepat waktu

Sama seperti ketika melaksanakan rapat di dunia nyata, sebaiknya kita jangan sampai terlambat ketika login di forum rapat. Usahakan kita telah menyiapkan perkakas yang dibutuhkan sebelum rapat dimulai. Seperti menyiapkan perangkat komputer, alat tulis, catatan, hingga data-data yang dibutuhkan untuk dibahas dalam rapat.

Jangan salah, para Human Resources (HR) pasti memperhatikan pola kerja kita meski sedang WFH. Selain dari hasil kinerja yang sesuai dengan target dan deadline, kebiasaan harian selama bekerja juga bisa masuk dalam daftar catatan pekerja.

Berpakaian rapi dan sopan

Jika sudah bisa berdisiplin masuk forum sesuai jadwal, etika selanjutnya adalah tentang penampilan. Usahakan untuk tampil di depan kamera dengan wajah yang segar dan siap untuk mengikuti rapat. Hindari mengenakan pakaian yang tidak formal seperti piyama, daster, kaos oblong atau sejenisnya.

Begitu pula dengan raut wajah. Jangan sampai wajah kita muncul di layar dalam kondisi masih “muka bantal” dan rambut acak-acakan. Hal ini bisa merusak vibes produktif dalam forum. Setidaknya persiapkan diri dengan baik terutama di bagian yang terlihat dalam layar rapat. Terserah saja untuk baju bawahan kita asalkan tidak sampai terlihat oleh peserta rapat lainnya.

Online di tempat-tempat yang netral

Netral dalam hal ini adalah tempat-tempat dengan background yang tidak menunjukkan banyak barang. Misalkan berada di dekat jemuran baju, atau tempat penyimpanan berbahan kaca tembus pandang. Barang-barang pribadi yang muncul di layar forum sedikit banyak pasti menyedot perhatian dari peserta rapat yang lain. Jadi usahakan untuk mengatur posisi dulu sebelum rapat dimulai.

Saat ini sudah banyak aplikasi rapat virtual yang menawarkan fitur mengganti latar belakang tampilan layar kita. Jadi kita tidak perlu mencari tempat lagi, tetapi cukup menyetting latar belakang sesuai dengan kebutuhan.

Membisukan speaker

Jangan lupa untuk selalu mengaktifkan tombol mute saat melakukan rapat online. Hal ini untuk mengurangi peluang terganggunya rapat akibat suara-suara tidak penting dari mulut kita. Apalagi jika rumah kita ramai oleh suara-suara anggota keluarga yang lain. Aktifkan tombol speaker jika kita mendapat kesempatan melakukan presentasi atau menjawab pertanyaan dari peserta rapat yang lain.

Fokus mengikuti rapat

Hal ini paling penting untuk dilakukan selama mengikuti pertemuan daring. Usahakan tidak melakukan kegiatan lain selama rapat seperti ngemil, membuka chat, browsing hal-hal yang tidak berkaitan dengan rapat, atau bermain games.

Jangan terlalu sering menghilang dari jangkauan kamera laptop selama rapat. Hal ini untuk menghargai para peserta rapat yang lain dan menunjukkan bahwa kita mengikuti kegiatan rapat dari awal hingga akhir.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.