READING

Heboh Lintah Masuk Hidung Pernah Terjadi di Situbo...

Heboh Lintah Masuk Hidung Pernah Terjadi di Situbondo

SITUBONDO – Video seorang dokter di China sedang mengeluarkan lintah hidup dari hidung pasiennya kembali viral di media sosial. Percaya atau tidak, kejadian serupa pernah terjadi di Situbondo, Jawa Timur.

Video yang merekam upaya dokter mengeluarkan lintah hidup yang bersarang di hidung seorang kakek itu cukup membuat merinding. Menggunakan penjepit, dokter berusaha menangkap tubuh lintah di dalam hidung sang kakek dan menariknya keluar. Peristiwa itu terjada pada 8 Juni tahun lalu di sebuah rumah sakit di Beihai, Guangxi.

Tak hanya kakek, dokter juga mengeluarkan lintah dari hidung anak perempuan di China. Dengan ekspresi bingung, si anak tampak heran saat melihat lintah yang cukup besar ditarik dari hidungnya. Lintah yang terjepit alat medis itu tampak menggeliat.

Percaya atau tidak, kisah mengerikan itu ternyata pernah terjadi di Situbondo empat tahun lalu. Seorang anak bernama Mohammad Arisandi asal Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan dilarikan ke RSUD Dr. Abdoer Rahem Situbondo. Bocah yang saat itu berumur lima tahun mengeluh sakit pada hidungnya dan mengalami mimisan. “Dia nangis-nangis karena hidungnya sering keluar darah,” kata Heryun seperti dilansir Detik.

Yang mengejutkan, lintah itu diperkirakan telah bersarang di hidung Arisandi selama satu bulan. Selama itu pula Arisandi sering mengeluh kesakitan dan jarang masuk sekolah. Upaya orang tuanya untuk memeriksakan ke dokter tak menuai hasil karena tidak ditemukan penyakit apapun.  

Hingga pada suatu pagi lintah itu menampakkan sebagian tubuhnya ke permukaan hidung Arisandi. Hal itu diketahui orang tuanya yang berusaha menariknya keluar. Namun upaya itu tak membuahkan hasil lantaran tubuh lintah yang mengerut dan masuk kembali ke dalam hidung.

Semula keluarganya tak menduga jika benda asing itu adalah lintah. Mereka menduga sebagai ulat yang menelusup ke dalam hidung Arisandi.

Petugas rumah sakit pun sempat tak mempercayai keterangan keluarga yang menyebut ada hewan di dalam hidung Arisandi. Mereka baru terbelalak ketika secara tak sengaja lintah itu keluar sendiri saat Arisandi tidur telungkup. Seketika perawat yang melihatnya menariknya keluar.

Lintah itu diperkirakan masuk ke hidung Arisandi saat bermain-main di sungai. Lintah yang ukurannya kecil tak disadari bersarang di saluran pernafasan dan membesar. Pertumbuhan lintah itu juga diiringi dengan menyusutnya tubuh Arisandi.

Bisakah Lintah Hidup di Tubuh Manusia

Dr. Puspita Komala Sari, pengasuh rubrik kesehatan ‘klikdokter’ menjelaskan lintah termasuk dalam kelompok filum Annelida. Ciri tubuhnya bersegmen sama seperti cacing tanah dan termasuk dalam subkelas Hirudinea karena memiliki hirudin dalam sekresi ludahnya.

Beberapa spesies lintah merupakan hewan parasit penghisap darah sebagai makanan pokoknya. Hewan ini akan menempelkan tubuhnya dan menghisap darah melalui pembuluh darah mangsanya, baik hewan maupun manusia. Biasanya mereka menempek di kaki atau tangan.

Namun dalam beberapa kasus lintah ternyata dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan bertahan hidup di dalamnya. Biasanya keberadaan lintah ini akan menimbulkan perdarahan dan anemia. Selain hidung, perdarahan yang mungkin terjadi saat buang air besar. Lintah dapat tinggal di anus dan mendapatkan asupan makanan dari pembuluh darah yang berada di sekitar anus.

Lalu bagaimana seseorang tak menyadari jika sedang digigit lintah? Ini karena tiap gigitan lintah mengandung anastesi (pati rasa). Sehingga siapapun tak akan menyadari bagian tubuhnya sedang tergigit lintah. Menyeramkan bukan? (*)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.