READING

Hindari Antrean, Penerima Bansos Diminta Gunakan S...

Hindari Antrean, Penerima Bansos Diminta Gunakan SAKTI

KEDIRI – Warga Kota Kediri dihimbau memanfaatkan Sistem Administrasi Kependudukan Berbasis Teknologi Informasi (SAKTI) untuk mengakses bantuan sosial. Hal ini untuk menghindari penumpukan massa di Kantor Dispendukcapil.

Penyaluran bansos di musim pandemi ini ramai mengundang massa. Akibatnya penumpukkan massa tak terhindarkan di kantor Dispendukcapil. “Masyarakat lebih baik pakai SAKTI selama pandemi untuk meminimalisr kontak langsung dan antrean yang mengakibatkan kerumunan,” kata Kepala Dispendukcapil Kota Kediri, Ida Indriyati.

Memang, Dispendukcapil sudah menerapkan protokol kesehatan. Hanya saja kantor yang tidak bergitu luas sementara masyarakat yang membutuhkan layanan meningkat, kerumunan akan sulit sekali dihindari.

Menurut Ida, sebetulnya penggunaan SAKTI ini mudah. Hanya masyarakat terkadang malas atau takut salah untuk mengisi sendiri secara daring sehingga lebih suka tanya ke admin SAKTI, datang ke kantor Dispendukcapil. Padahal bila tekun mengikuti langkah-langkah yang sudah ada, mudah untuk mengisi.

Bila dibandingkan dengan tahun lalu, masyarakat yang menggunakan SAKTI meningkat. Menurut data yang dihimpun Dispendukcapil, pengguna SAKTI rata-rata 200 berkas/hari. Jumlah ini seharusnya lebih banyak ketika ada imbauan untuk meminimalisir datang ke kantor.

Ida mengimbau masyarakat lebih banyak menggunakan fasilitas SAKTI pada era pandemi ini. SAKTI bisa digunakan penduduk yang akan membuat Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Keluarga, Surat Pindah, KTP elektronik, dan KIA.

Tautan untuk pengurusan SAKTI berada di http://penduduk-layanan.kedirikota.go.id/sakti/. Sedangkan bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut, Dispendukcapil sudah membuat petunjuk di tautan https://www.youtube.com/watch?v=tppbnX3nmUM&feature=youtu.be (Pro/Hari TW)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.