READING

Inflasi Lebaran 2019 di Kota Kediri Terendah di Ja...

Inflasi Lebaran 2019 di Kota Kediri Terendah di Jawa Timur

KEDIRI- Bulan Ramadan yang diakhiri dengan Lebaran kerap menimbulkan inflasi. Pada bulan tersebut, masyarakat membelanjakan uang khususnya untuk belanja bahan pangan dan sandang melebihi dari hari biasa. Jajaran Pemerintah Kota Kediri, BI, dan TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) sudah mengantisipasi sejak awal. Mulai dari sosialisasi, diskusi, dan memastikan stok pangan terjaga.

Sosialisasi salah satunya dengan imbauan Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar kepada masyarakat untuk tidak berbelanja berlebihan. Juga untuk para pedagang agar tak menaikkan harga di luar batas kewajaran. Selain itu, memastikan pasokan sembako dan kebutuhan pangan lancar.

“Alhamdulillah kemarin bulan Mei di list hasil inflasinya 0,05. Terendah di seluruh kota administrasi di Jawa Timur,” kata Musni Hari Kasuma Atmaja, Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Kediri, 13/06/2019. Ada 8 kota administrasi di Jawa Timur, inflasi di Kota Kediri paling rendah. Inflasi tersebut lebih rendah dari yang ditargetkan oleh wali kota yaitu 0,1.

Kekhawatiran kenaikan inflasi ketika harga bawang dan merah putih sempat melambung menjelang Lebaran karena terkendala distribusi segera bisa diatasi. Musni juga mengucapkan terima kasih kepada semua tim, baik TPID, Dinas Perdagangan dan Bulog yang sudah bekerjasama untuk menanggulangi inflasi saat Lebaran. Selain itu juga pemberitaan positif dari media yang terus menyampaikan upaya pemerintah untuk mengatasi inflasi. Masyakat mendapat informasi yang cukup dan melaksanakan anjuran dari pemerintah kota.

Menanggapi pertanyaan wartawan soal kekhawatiran inflasi yang disebabkan karena penerimaan siswa baru, Musni mengatakan tak perlu ada kekhawatiran. Biasanya terjadi pada bulan September ketika orang tua membayar pendaftaran siswa baru. Biasanya tak sebesar Lebaran. Sedangkan pada bulan Juni diprediksi aman. Inflasi kerap disebabkan oeh melonjaknya harga pangan. Selain distribusi, biasanya karena kondisi cuaca ekstrem yang menyebabkan terganggunya panen. Bulan Juni ini terpantau cuaca cukup bagus.

Print Friendly, PDF & Email

Titik Kartitiani

sunset lover, traveler, writer, and fulltime dreamer :)

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.