READING

Ingin Turunkan Stress? Dekatilah Kemangi

Ingin Turunkan Stress? Dekatilah Kemangi

Bagi penggemar sambal lalapan tentu tak asing dengan daun kemangi. Daun beraroma khas yang biasa bersanding dengan irisan kubis dan mentimun. Kemangi biasanya dikunyah di sela menghabiskan lauk utama. 

SURABAYA- Tidak hanya menjadi lalapan diatas sambal. Melalui metode ekstraksi (ekstak), daun bernama latin Ocimum xcitriodurum itu ternyata menyimpan manfaat lebih tinggi. Ekstrak kemangi berbentuk spray dan aromaterapi mampu menurunkan kadar stress.

Temuan yang dilombakan di International Invention and Inovative Competition (INIIC) Malaysia itu telah mengantar empat mahasiswa jurusan kimia Universitas Airlangga Surabaya menyabet penghargaan bergengsi. “Kami mengikuti yang kategori B, “tutur Melly Oktaviany salah satu peserta lomba seperti dilansir dari sindonews.com.

Penghargaan Silver khusus untuk ajang kategori B atau Higher Institution Student, yakni dengan peserta seluruh mahasiswa tingkat internasional. Adapun ekstrak kemangi yang menggondol penghargaan itu diberi nama B-Fress atau Body Fragnance Spray Anti Stress. Sebagai variasi, B-Fress memiliki empat rasa, yaitu  kopi, mint, jasmin, dan cokelat.

“Proses penelitiannya berlangsung dua bulan, “terang Melly. Kenapa memilih kemangi?. Peneltian yang dilakukan, kata Melly salah satunya memang mencari tanaman khas Indonesia yang kurang diminati masyarakat. Disisi lain kemangi yang melimpah akan memudahkan produksi dalam jumlah besar.

Selain B-Fress atau Body Fragnance Spray Anti Stress, delegasi mahasiswa Unair itu juga melombakan temuan masker peel off dari bahan rumput laut dan ekstrak kemangi. Temuan yang diberi nama Seaweed Basil Mask (SEBA MASK) menyabet penghargaan bronze.

“Dengan penghargaan ini harapannya bisa memotivasi teman teman lain. Selain itu berharap bisa dikomersialkan agar manfaatnya bisa sampai ke masyarakat, “harapnya. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.