READING

Ini Jadwal KA Brantas yang Beroperasi Selama Libur...

Ini Jadwal KA Brantas yang Beroperasi Selama Libur Panjang

KEDIRI – PT KAI berencana akan mengoperasikan kembali Kereta Api (KA) Brantas dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume penumpang menjelang libur kemerdekaan dan long weekend di akhir bulan ini. Rencananya KA jurusan Blitar-Pasarsenen dan arah sebaliknya akan dioperasikan mulai tanggal 14-17 Agustus dan tanggal 19-24 Agustus.

“Selain libur kemerdekaan, kami perkirakan peningkatan penumpang juga terjadi saat long weekend karena bertepatan dengan tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 20 Agustus,” terang Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun(12/08).

Menurutnya, jadwal perjalanan KA Brantas sesuai dengan jadwal normal sebelum wabah korona. KA 117 (Brantas) relasi Blitar – Pasarsenen berangkat dari Stasiun Blitar pukul 12.00 dan tiba di Stasiun Pasarsenen pukul 02.10. Sedangkan untuk KA 118 (Brantas) relasi Pasarsenen – Blitar berangkat dari Stasiun Pasarsenen, Jakarta pukul 13.30 tiba di Stasiun Blitar pukul 03.55.

“KA Brantas ini termasuk dalam kelas non subsidi, rangkaiannya terdiri atas 4 gerbong kelas ekonomi AC, 4 gerbong kelas eksekutif, 1 gerbong pembangkit, dan 1 gerbong area makan,” tambahnya.

KA Brantas hanya berhenti di stasiun-stasiun besar seperti Stasiun Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Caruban, Madiun, Magetan, Ngawi dan Stasiun Walikukun. Begitu pula dengan stasiun yang tersebar di sepanjang jalur kereta di Jawa Tengah hingga akhirnya sampai di pemberhentian terakhir yakni Stasiun Pasarsenen Jakarta.

“Tiket dapat diperoleh melalui pemesanan mulai H-7 di aplikasi KAI Access, website resmi www.kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya,” bebernya.

Meski aktifitas masyarakat sudah mulai normal, KA Brantas sendiri masih belum dioperasikan setiap hari seperti sebelum wabah. Menurut Ixfan hal ini dikarenakan di beberapa wilayah masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selain itu sejauh ini temuan kasus korona juga belum melandai sepenuhnya sehingga PT KAI ingin membantu mengendalikan pergerakan manusia antar wilayah dengan tidak mengoperasikan KA jarak jauh secara normal.

“Keputusan operasional kereta ini berdasarkan keputusan KAI Pusat di Bandung jadi sejauh ini memang instruksinya demikian,” tandasnya.

Ixfan mengingatkan bahwa pihaknya masih tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat bagi calon penumpang. Syaratnya harus membawa surat keterangan bebas COVID-19, wajib memakai masker dan face shield, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat Celsius, dan penumpang harus dalam kondisi sehat yakni tidak memiliki gejala flu seperti demam, batuk, dan sesak nafas selama perjalanan.

“Selain itu para pelanggan yang naik kereta diimbau untuk mengenakan pakaian lengan panjang,” katanya.

Khusus untuk face shield, penumpang usia dewasa bisa mendapatkannya di petugas stasiun. Namun untuk penumpang dengan usia dibawah 3 tahun (infant) diharapkan membawa face shield sendiri-sendiri. “Semoga beroperasinya kembali KA Brantas ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang akan bepergian dalam mengisi libur panjang hari kemerdekaan dan Tahun Baru Islam,” tutup Ixfan. (Dina Rosyidha)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.