READING

Ini Yang Diminta Mas Abu Kepada Mahasiswa Kediri

Ini Yang Diminta Mas Abu Kepada Mahasiswa Kediri

KEDIRI – Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar meminta mahasiswa berperan aktif dalam kehidupan new normal. Salah satunya membuat gerakan bersama melalui media sosial untuk mematuhi protokol kesehatan.

Abdullah Abu Bakar atau Mas Abu mengatakan mahasiswa bisa melakukan banyak hal dalam membantu penanganan penyebaran covid-19. Pertama, memulai tindakan pencegahan covid-19 dari diri sendiri, keluarga, serta lingkungan tempat tinggal dengan tetap di rumah saja. “Keluar hanya ketika ada kepentingan mendesak saja,” kata Mas Abu, Senin 22 Juni 2020.

Kedua, mahasiswa dapat memanfaatkan media sosial untuk membuat gerakan bersama secara online mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan jarak fisik. Bisa juga disertai penggalangan donasi untuk mereka yang membutuhkan.

Ketiga, mahasiswa bisa mengajukan diri menjadi relawan satgas covid-19, yang bertugas  menyalurkan bantuan logistik, makanan bergizi, vitamin, masker, dan sebagainya. Keempat, mahasiswa juga bisa memanfaatkan waktu di rumah dengan mengeksplore bakat dan minat. Seperti membuat lagu, belajar editing video atau foto, menulis atau membaca buku.

“Terakhir, mulai menggali ide-ide usaha. Mungkin di masa pandemi ini ada peluang usaha yang bisa berkelanjutan untuk usaha di masa depan,” pesan Abu dalam webinar pembekalan KKN tahun 2020 yang diselenggarakan Institut Agama Islam Tribakti. Kegiatan itu diikuti 328 mahasiswa yang akan mengikuti pembekalan KKN secara virtual.

Walikota juga memberikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga produktivitas para milenial. “Pertama tetap disiplin dan buatlah list pekerjaan ataupun tugas yang harus diselesaikan sehingga tetap selesai tepat waktu. Kedua, komunikasi dan koordinasi dengan teman dan dosen harus tetap dijaga. Harus dipastikan penggunaan perangkat dan jaringan internet yang cepat dan stabil untuk mendukung komunikasi berjalan lancar,” pungkasnya.

Sebagai pamungkas, Mas Abu menjelaskan kondisi Kota Kediri yang telah memasuki era new normal sebagai kebiasaan baru. Seperti tempat makan boleh buka yang diawal-awal dulu diharuskan take away. “Sekarang boleh makan ditempat tapi tidak boleh berlama-lama. Setelah selesai makan ya langsung pulang tidak nongkrong-nongkrong dulu,” katanya. (Pro/Hari TW)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.