READING

Inilah Barang Yang Wajib Dimiliki Para Pesepeda

Inilah Barang Yang Wajib Dimiliki Para Pesepeda

Akhir-akhir ini kegiatan bersepeda semakin digemari masyarakat. Baik pria maupun wanita, dari usia anak-anak, hingga dewasa, dan lansia. Sekilas olahraga ini terlihat aman, mudah, dan sederhana. Prosedurnya cukup mengayuh sepeda hingga berkeringat dan berhati-hati saja. Apalagi saat ini semakin banyak jalur sepeda yang membuat pesepeda semakin aman.

Namun sebenarnya ada barang-barang khusus yang wajib dimiliki para pesepeda. Selain menambah keamanan, para biker ini juga semakin nyaman dalam bersepeda. Dengan demikian jalur yang ditempuh pun bisa semakin jauh dan target kalori yang terbakar bisa dicapai oleh para biker.

Berikut beberapa perlengkapan yang sebaiknya dimiliki para pesepeda.

Helm

Meski laju sepeda relatif lambat dan mudah dikendalikan, penggunaan helm untuk para pesepeda cukup penting. Fungsinya jelas untuk melindungi kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan. Meski laju sepeda relatif lambat dan mudah dikendalikan, kita tidak pernah tahu kejadian apa yang ada di lintasan. Apalagi jika kita berada di jalur pegunungan ataupun jalanan yang padat lalu lintasnya.

Kacamata

Ada banyak kegunaan kacamata untuk para pesepeda. Salah satunya adalah melindungi mata dari berbagai gangguan di sekitar lintasan. Mulai dari terpaan angin kencang, debu, guyuran hujan, hingga kumpulan serangga yang bergerombol. Ketika hari sedang terik, mata juga tidak silau oleh sinar matahari.

Mata merupakan indera yang harus terjaga selama bersepeda. Jika mata tidak bisa melihat dengan baik akibat gangguan-gangguan tersebut dikhawatirkan pesepeda mengalami kecelakaan karena jarak pandangnya yang terbatas. Mata pun tetap sehat dan tidak iritasi usai bersepeda.

Jersey dan celana sepeda

Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk outfit bersepeda. Asalkan bahan pakaian yang digunakan menyerap keringat, dan tidak bentuknya tidak menghalangi pergerakan selama bersepeda. Namun dengan menggunakan jersey dan celana sepeda khusus, pesepeda akan semakin nyaman meski berkendara dalam jangka waktu yang lama karena dilengkapi ada bantalan di bagian pantatnya.

Gembok sepeda

Barang ini wajib dimiliki jika sepeda harus ditinggal di tempat parkir. Harganya tidak mahal kok. Selain lebih aman, barang ini bisa membuat pemilik sepeda tidak was-was saat harus meninggalkan sepeda.

Lampu atau reflektor

Barang ini juga sangat penting untuk setiap sepeda. Apalagi untuk para pesepeda yang gemar gowes di malam hari. Banyak kasus kecelakaan yang melibatkan sepeda karena tidak terlihat di malam hari. Pengguna jalan lainnya seringkali kaget karena tidak tahu jika ada sepeda yang melaju di depannya.

Makanya keberadaan reflektor ataupun lampu sepeda sangat penting bagi keselamatan pesepeda juga pengendara kendaraan lainnya di jalanan. Biasanya reflektor dipasang di dua sisi yakni di bagian depan dan belakang sepeda. Sedangkan untuk lampu biasanya dipasang di bagian depan untuk membantu penerangan pesepeda.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.