READING

Inilah Genk di Jawa Timur Yang Ditakuti

Inilah Genk di Jawa Timur Yang Ditakuti

KEDIRI – Penangkapan tokoh preman John Kei oleh polisi menjadi trending Twitter hari ini. Namun siapa sangka keberadaan genk macam ini juga ada di Jawa Timur dan cukup ditakuti.

Siapa tak kenal John Kei. Pria kelahiran Tutrean, Pulau Kei, Maluku Utara, 10 September 1969 ini dikenal sebagai ketua genk di ibukota. Nama aslinya John Refra Kei. Kata “Kei” merujuk pada kampung kelahirannya, yaitu Pulau Kei, Maluku Tenggara.

Perjalanan John ke Jakarta diawali pada tahun 1990. Di perantauan dia mendirikan sebuah organisasi bernama AMKEI (Angkatan Muda Kei). Organisasi ini terbentuk pasca kerusuhan di Tual, Pulau Kei pada bulan Mei tahun 2000.

Organisasi ini bergerak di bisnis debt collector. Sepak terjang John makin dikenal lantaran memiliki banyak pendukung dan koneksi dengan sejumlah pejabat dan bos dunia malam. Minggu, 21 Juni 2020 John Kei kembali berurusan dengan polisi setelah terlibat bentrok dan pembunuhan. Bersama dia, 28 pengikutnya ikut diciduk polisi.

Keberadaan genk seperti ini juga ada di Jawa Timur. Mereka cukup ditakuti karena memiliki banyak pengikut di beberapa kota. Berikut beberapa genk yang pernah eksis di Jawa Timur menurut Kaskus :

Mendem/Batandos (manungso edan eling marang kuoso/bajingan tanpa dosa)

Genk ini berpusat di daerah Lamongan, Tuban, dan Gresik. Jumlah anggotanya mencapai puluhan ribu pemuda yang tersebar mulai dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa. Sejumlah sumber menyebut genk ini juga terkenal di Malaysia sebagai salah satu genk TKI terbesar di Negeri Jiran.

Ligas

Ligas adalah salah satu genk terbesar di daerah Jawa Timur. Persebaran genk ini meliputi beberapa kabupaten yaitu Kediri, Jombang, Tulungagung, Trenggalek, dan Blitar. Pusat genk ini berada di wilayah Ngantru, Tulungagung dan Prigi, Trenggalek. Diperkirakan Jumlah anggotanya mencapai 20.000 pemuda. Beberapa pelanggaran hukum sering dilakukan oleh genk ini salah satunya adalah penganiayaan dan pengerusakan. Anggota genk ini tak segan-segan melibas musuhnya menggunakan senjata tajam, maka jika Anda bertemu gerombolan genk ini lebih baik berlindung ke pihak berwajib.

Demper

Genk ini berpusat di daerah Demangan, Kras, Kediri yang wilayah persebarannya berada di daerah Kediri dan Tulungagung. Jumlah anggota genk ini memang tak sebanyak yang lainnya, hanya sekitar seribu orang. Meskipun begitu genk ini adalah salah satu genk paling ditakuti di daerah Kediri.

Sorenk

Genk ini berdomisili di daerah Tuban dan Lamongan, dengan jumlah anggota mencapai ribuan remaja. Genk ini tak segan melakukan pengerusakan dan penganiayaan terhadap musuhnya. Belakangan eksistensi genk ini mulai redup setelah kemuculan genk besar lainnya. (Hari Tri Wasono)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.