READING

Inilah Tahapan dan Biaya Tranplantasi Ginjal

Inilah Tahapan dan Biaya Tranplantasi Ginjal

Gagal ginjal sudah menjadi ancaman bagi kesehatan anak muda di Indonesia. Namun sedikit yang berani mengambil keputusan cangkok ginjal.

TULUNGAGUNG – Cangkok ginjal masih menjadi momok bagi penderita gagal ginjal di Indonesia. Minimnya pengetahuan tentang tindakan medis ini membuat pasien bertahan menjalani cuci darah seumur hidup.

Tim Divisi Nefrologi dan Hipertensi RSU dr. Saiful Anwar Malang, dr Ahmad Rifai, Sp.PD memastikan jika tindakan tranplantasi atau cangkok organ tak melanggar ketentuan negara. UU Kesehatan nomor 23 tahun 1992 secara tegas menyebut tranplantasi sebagai pengobatan untuk penyembuhan penyakit. “Jadi ini tindakan sah,” kata Rifai dalam Seminar Tranplantasi Ginjal di Tulungagung, Minggu 5 Januari 2020.

Secara normatif mekanisme pengajuan tranplantasi ginjal tak terlalu ribet. Usai mengantongi surat rujukan dari Poli ginjal hipertensi rumah sakit, pasien berkonsultasi dengan koordinator tim tranplantasi terkait.

Di sini pasien akan menerima penjelasan detil tentang tranplantasi dan akan dimintai keterangan kondisi tubuhnya. Usai pengumpulan dokumen, tim akan meneruskan kepada dokter tranplantasi untuk ditelaah. Jika memungkinkan, dokter akan mulai mencari kandidat yang sesuai. “Hingga akhirnya pasien masuk ruang operasi untuk menjalani tranplantasi,” kata Rifai.

Lantas berapa biaya yang dibutuhkan untuk menjalani tranplantasi ini?

Meski tak menyebutkan angka pasti, Ahmad Rifai menjelaskan jika pembiayaan tindakan ini terbagi dalam empat kebutuhan. Pertama, pembiayaan advokasi donor, yang meliputi penilaian aspek medikolegal dan penilaian aspek psikologi dan psikiatrik.

Kedua, pembiayaan pre tranplantasi yang meliputi biaya skrining donor, skrining resipien, tindakan desensitisasi, dan vaksinasi resipien. Ketiga, pembiayaan operasi donor dan operasi resipien. Keempat biaya perawatan yang bersifat rutin.

Selain itu, pasien juga harus memenuhi persyaratan administrasi, yang terdiri dari:

  1. KTP donor yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga yang masih berlaku
  3. Surat kesediaan menjadi donor yang ditulis dan ditandatangani di atas materei oleh donor
  4. Surat persetujuan dari keluarga terdekat donor yang ditulis dan ditandatangani di atas materei
  5. Surat keterangan dari notaris yang menyebutkan donor dan resipien tidak dalam ikatan jual beli organ

Di RSU dr. Syaiful Anwar Malang, biaya tranplantasi ginjal cukup mahal. Biaya ini juga bergantung pada tinggi rendahnya resiko pada pasien. Pasien dengan resiko rendah akan dibanderol Rp 237.294.000. Sedangkan pasien dengan resiko tinggi bisa mencapai paling tinggi sebesar Rp 573.967.039.

Menurut catatan dr. Ahmad Rifai, Sp.PD, saat ini jumlah penderita gagal ginjal di wilayah Malang Raya telah mencapai 2.500 orang.

Di Tulungagung, pasien gagal ginjal menggantungkan aktivitas cuci darah di RSUD dr Iskak yang memiliki 20 unit alat hemodialisis. Sebanyak 162 pasien sudah tertangani, sedangkan 200 pasien lainnya masuk daftar tunggu. “Untuk pasien non reguler mungkin lebih banyak lagi,” kata Kepala Unit Hemodialisa RSUD dr Iskak, dr Rina Melinda, Sp.PD.

Penulis : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.