READING

IPM Kota Kediri Lampaui Pusat dan Jatim. Ini Yang ...

IPM Kota Kediri Lampaui Pusat dan Jatim. Ini Yang dilakukan Mas Abu

KEDIRI- Dengan poin Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 7,13 dan 73,69  untuk angka harapan hidup, pemberdayaan manusia di Kota Kediri telah melampaui capaian Nasional dan Provinsi Jawa Timur. Kendati demikian berbagai program pemberdayaan terus dikembangkan.

Sebut saja program English Massive (Emas), yakni  program pendidikan bahasa Inggris gratis untuk warga sipil. Partisipannya sudah mencapai 3.108 partisipan. Tidak hanya kalangan pelajar. Tapi dari warga dewasa.

Kemudian program bea siswa untuk mahasiswa kurang mampu. Jumlah kuotanya mencapai 1.500 mahasiswa. Semua pemberdayaan ini tidak luput dari persiapan menyongsong berdirinya bandar udara dan ruas jalan tol Trans Jawa di Kediri.

Terkait program bea siswa untuk mahasiswa Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar telah merangkul perbankan sekaligus meminta menerapkan sistem student loan.

“Dengan cara tersebut (student loan) nantinya mahasiswa dan calon mahasiswa menjadi terbantu dan akan lebih produktif saat kuliah, “tutur Mas Abu begitu biasa disapa seperti dikutip dari suryamalang.com.

Soal izin usaha, Pemkot Kediri juga melakukan penyederhanaan. Dari sebelumnya 153 izin dikepras menjadi 56 izin. Prosedur perizinan lebih dipermudah. Tidak perlu lagi susah payah mendatangi lokasi. Para pemohon izin usaha cukup bisa mengakses Single Windows for Investment via online.

“Realisasi investasi di Kota kediri tercatat sebesar Rp 717 miliar, terangnya.

Untuk mendorong naiknya grafik UMKM, berbagai event yang bermuara pada ekonomi kreatif dihelat. Taruh saja Car Free Night, Food Fest, Bazarku Bazarmu dan Mahakarya Kediri yang sebagian besar berbasis komunitas.

Dengan begitu pelaku UMKM Kota Kediri diharapkan bisa memamerkan karyanya. Sebagai bantuan modal pemkot juga menggandeng perbankan, termasuk Bukalapak.com untuk kebutuhan pemasaran.

“Harapannya para pelaku UMKM bisa memamerkan produknya, “jelasnya. Kota Kediri memiliki beragam program unggulan. Diantaranya Prodamas, Pembangunan Infrastruktur Satu Kelurahan Satu Taman, RSUD Gambiran, Kampus Politeknik Kota Kediri, Pasar Setono Betek dan menuntaskan pembangunan Jembatan Brawijaya. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.