READING

Jadwal Terbaru SKB Untuk Pejuang CPNS 2019

Jadwal Terbaru SKB Untuk Pejuang CPNS 2019

Nampaknya para pejuang CPNS 2019 harus mulai mempersiapkan diri. Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi terkait dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyatakan bahwa prosesnya akan dimulai pada akhir Agustus hingga awal Bulan Oktober 2020. Meski demikian Bima belum menjelaskan secara detail terkait pelaksanaan tes.

“Jadwal SKB nanti pada akhir Agustus hingga awal Oktober 2020, setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai” terang Bima saat rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta dikutip dari cnnindonesia.com.

Bima hanya menjelaskan bahwa proses seleksi CPNS 2019 ini akan mengedepankan protokol kesehatan ketat sesuai dengan anjuran dari WHO. Jadwalnya pun masih bisa berubah-ubah mengingat kondisi pandemi dalam negeri masih menunjukkan kurva yang fluktuatif. “Kita terus pantau situasi COVID-19 ke depannya,” tambahnya.

Untuk itu, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) terus berkonsultasi dengan Gugus Tugas COVID-19 baik di tingkat pusat maupun daerah. Hal ini dilakukan agar dapat memetakan dan mengantisipasi potensi penularan virus antar sesama peserta tes mengingat pelaksanaan SKB memungkinkan terjadinya pergerakan orang lintas daerah.

“Panselnas akan tetapkan lokasi ujian yang meminimalisir pergerakan peserta karena kemungkinan bisa lintas kabupaten atau kota, provinsi, bahkan ada yang harus ke Jakarta,” bebernya.

Belum ada aturan mendetail terkait dengan persyaratan yang harus dipenuhi peserta untuk ikut ujian SKB. Meski demikian, Bima menegaskan saat ini pihaknya sedang menyusun Surat Edaran baru terkait mekanisme lanjutan seleksi CPNS berdasarkan aturan yang telah dikeluarkan Menteri Kesehatan.

“Saat ini BKN sedang menyiapkan Surat Edaran Kepala BKN terkait mekanisme seleksi berbasis computer assisted test (CAT) yang menerapkan protokol kesehatan sesuai keputusan Menkes tentang panduan pencegahan di tempat kerja perkantoran,” tandasnya.

Untuk diketahui seleksi CPNS 2019 sendiri sebenarnya dijadwalkan selesai pada Bulan Mei lalu. Namun akibat wabah virus corona, Panselnas memutuskan untuk menunda sementara proses seleksi sesuai instruksi pemerintah. Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sendiri berhasil diselesaikan pada awal Maret 2020, tepat sebelum terjadi ledakan wabah virus.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.