READING

Jangan Khawatir! Begini Cara Melindungi Akun Dari ...

Jangan Khawatir! Begini Cara Melindungi Akun Dari Peretasan

Setelah penjualan data pengguna aplikasi Zoom ramai diperbincangkan, kali ini warga net juga kembali dikejutkan oleh kabar bocornya data pengguna e-commerce Tokopedia. Bahkan setelah netizen melakukan pengecekan akun email, mereka juga mendapati ternyata jauh sebelum itu, ada beberapa akun yang tertaut dengan alamat email terbobol hacker.

Dari hasil curhatan netizen, email paling banyak terbobol dari akun Bukalapak, Dubsmash, dan Canva. Mungkin sebagian kecil juga ada yang terbobol melalui akun-akun lainnya yang kita daftarkan secara tidak sadar di website-website tertentu. Lalu bagaimana cara mengecek apakah akun email kita telah terbobol atau belum.

Caranya mudah yakni dengan mengakses monitor.firefox.com. Di laman tersebut, kita hanya perlu memasukkan alamat email yang akan kita cek. Setelah mengetik alamat email di kolom yang sudah disediakan, klik “Periksa Pelanggaran Data”. Maka akan muncul keterangan apakah email kita telah terbobol atau dalam kondisi aman.

Tidak hanya mengetahui akun mana saja yang terbobol, kita juga bisa mengetahui perangkat mana saja yang telah mengakses email kita tanpa izin. Caranya yakni dengan membuka email kita terlebih dahulu. Lalu klik ikon atau foto profil pengguna akun email di pojok kanan atas.

Pilih “Kelola Akun Google Anda”. Lalu pilih “Menu” yang ada di pojok kanan bawah layar (untuk tampilan smartphone). Pilih “Keamanan”. Scroll layar ke arah bawah hingga menemukan “Perangkat Anda”. Di sana terlihat perangkat apa saja yang telah digunakan untuk mengakses alamat email Anda. Selain itu, tertera pula negara yang menjadi lokasi akses.

Untuk perangkat-perangkat yang tidak kita kenali, kita bisa me-logout perangkat tersebut. Tahap ini bisa menghilangkan akses sementara orang tak dikenal terhadap email kita. Untuk menghindari kejadian serupa, segera ganti kata sandi kita dengan menggunakan perpaduan huruf dan angka yang unik dan hanya diketahui oleh pengguna.

Ubah pula semua password akun-akun penting yang terhubung dengan email. Seperti akun m-banking, e-wallet, akun e-commerce, dan aplikasi lainnya. Lakukan pembaharuan password untuk menghindari aksi peretasan akun. Tidak hanya itu, kita juga bisa menggunakan sistem verifikasi dua langkah.

Caranya yakni dengan membuka bagian “Keamanan” email seperti yang telah kita lakukan di tahap sebelumnya. Di bagian “Login ke Google”, pilih “Aktifkan Verifikasi Dua Langkah”. Untuk bisa mengaktifkannya, pertama masukkan kata sandi alamat email kita untuk memastikan bahwa yang meminta verifikasi dua langkah ini benar-benar pemilik email.

Setelah itu, aktifkan pilihan “Mendapatkan perintah Google di semua ponsel yang Anda gunakan”. Lalu masukkan nomor ponsel yang kita gunakan. Ikuti setiap tahapan yang diperlukan dan di akhir akan tertera tanda centang biru di pilihan “Verifikasi Dua Langkah”. Verifikasi dua langkah ini menjadi penting agar siapa saja yang akan login email, ada pemberitahuan yang akan muncul di ponsel kita.

Melindungi akun email maupun nomor ponsel melalui verifikasi dua langkah ini menjadi penting. Pasalnya saat ini semakin sering terjadi penyalahgunaan akun dan identitas pengguna untuk melakukan kejahatan yang sebenarnya tidak dilakukan oleh pemilik akun yang asli.

Masih ingat dengan kasus peretasan akun Whatsapp milik Ravio Patra yang sempat ramai diperbincangkan? Pria yang dikenal sebagai aktivis ini ditangkap polisi setelah nomor ponselnya menyebarkan pesan provokasi untuk melakukan penjarahan. Padahal sesaat sebelum pesan tersebut beredar, Ravio sempat mengabarkan bahwa nomor Whatsappnya sedang diretas.

Meski saat ini sedang dalam proses penyelidikan, kasus tersebut menjadi contoh konkret, betapa menyeramkannya kasus penyalahgunaan identitas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi awasi terus akun-akun daring kita ya..

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.