READING

Jawa Timur Dilanda Topan Riley. Apa Itu?

Jawa Timur Dilanda Topan Riley. Apa Itu?

SURABAYA – Sejumlah daerah di Jawa Timur saat ini tengah dilanda Topan Riley. Angin kencang, hujan lebat, hingga gelombang tinggi muncul akibat topan ini. Apa sebenarnya Topan Riley itu?

Topan Riley atau disebut juga siklon tropis Riley adalah badai tropis yang terbentuk pada Kamis, 24 Januari 2019 dini hari. Badai tropis ini berwujud gugusan awan yang memutar menyerupai spiral dan mengitari pusat tekanan rendah. Siklon ini terbentuk di Samudera Hindia sebelah selatan Pulau Jawa.

Badan Meteorologi dan Geofisika mendeteksi ada dua dampak yang ditimbulkan oleh topan Riley. Dampak langsungnya adalah terjadi peningkatan kecepatan angin di wilayah Indonesia, hingga memicu ketinggian gelombang laut. Hal ini terutama terjadi di kawasan Laut Jawa, Laut Banda, Laut Flores, Laut Arafuru, dan Samudera Hindia. “Untuk hujan lebat kemungkinan akan terjadi wilayah Indonesia bagian selatan,” kata Kepala Sub-Bidang Prediksi Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra seperti ditulis Antara.

Ketinggian gelombang laut ini patut diwaspadai oleh pelaku dunia pelayaran, khususnya di perairan yang terdampak topan Riley. Terlebih lagi perairan Indonesia menjadi tumpuan utama para nelayan untuk menangkap ikan.

Ketinggian gelombang laut diperkirakan bisa mencapai 4-7 meter terutama di perairan selatan Jawa Timur hingga Pulau Sumba, Selat Bali – Selat Lombok – Selat Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Perairan Pulau Sawu, Laut Sawu, Perairan Kupang – Pulau Rote, Laut Timor Selatan NTT, Samudera Hindia Selatan Jawa Timur hingga Bali.

Sementara gelombang laut dengan ketinggian 2,5 – 4 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Jawa Tengah, Selat Sumba, Samudera Hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah, Selat Sumba, dan Selat Ombai.

Lantas apa yang harus kita lakukan jika sewaktu-waktu terjadi puting puting beliung? Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI menyebut ada standar tindakan yang harus dilakukan untuk penyelamatan diri.

Jika berada di dalam ruangan, lakukan langkah ini:

Kunci pintu dan jendela

Matikan semua aliran listrik dan peralatan elektronik

Berlindung di tempat aman, seperti tengah ruangan. Jangn mendekati pintu atau jendela.

Jika sedang dalam kendaraan, segera turun dan cari perlindungan di tempat aman seperti, mencari ruangan, rumah atau ruko.

Jika di luar ruangan tapi tidak ada tempat berlindung, perhatikan langkah ini:

Duduk dan berlutut, jangan lupa lindungi kepala dengan tangan

Jangan tiarap di atas tanah

Hindari bangunan, tiang listrik, papan reklame untuk menghindarkan diri dari reruntuhan benda

Hindari berdiam di bawah jembatan

Nah, tetap berhati-hati yaa. Semoga selamat.

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.