READING

Jenis Pekerjaan Yang Layak Dicoba Ketika Wabah Cor...

Jenis Pekerjaan Yang Layak Dicoba Ketika Wabah Corona

Saat ini, tidak hanya ancaman wabah penyakit saja yang ditakuti. Sebagian besar masyarakat juga khawatir dengan lesunya perekonomian. Pemutusan hubungan kerja (PHK) terjadi secara massal di mana-mana. Banyak orang yang menjadi korbannya padahal sudah bertahun-tahun setia dengan pekerjaannya.

Seperti yang viral akhir-akhir ini. Puluhan karyawan salah satu pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat menangis berjamaah setelah diputus kontrak kerjanya. Memang kondisi sedang sulit saat ini. Silahkan bersedih, namun jangan lama-lama. Ayo segera bangkit dan mencoba jalan usaha lainnya.

Mengingat kondisi sedang tidak baik akibat wabah corona, hanya beberapa jenis pekerjaan yang layak untuk dicoba. Dan untuk mengeksekusi penjualannya harus dilakukan secara online agar lebih maksimal hasilnya.

Jualan Alat Pelindung Diri dan Masker Kain Handmade

Kedua barang ini saat ini menjadi kebutuhan pokok yang dibutuhkan banyak orang. Untuk kalian yang sebelumnya bekerja di perusahaan konveksi atau memiliki kegemaran menjahit, silahkan untuk mencoba memproduksi barang ini dan menjualnya. Mengingat barang ini menjadi kebutuhan pokok, usahakan untuk tetap memperhatikan sisi kemanusiaan dengan tidak menjualnya terlalu mahal.

Jualan Makanan Beku

Untuk menghindari penularan, masyarakat tidak diperkenankan untuk sering-sering keluar rumah. Makanya banyak rumah tangga yang memperbanyak stok makanan beku di lemari penyimpanannya. Bagi kalian yang sebelumnya bekerja di restoran atau rumah makan, gunakan jaringan dan kenalan suplier makanan beku untuk diajak bekerjasama.

Kita bisa mengambil posisi sebagai pengecer makanan beku yang menjual produk ke tingkat rumah tangga khususnya yang tinggal di lingkungan rumah kita. Keuntungan bagi konsumen, mereka tidak harus keluar rumah karena produk di antar ke rumah masing-masing.

Manfaatkan teknologi untuk menjaring pesanan. Bisa melalui media sosial atau broadcast di grup-grup whatsapp keluarga, kolega, dan komunitas. Kita bisa menerapkan sistem pre-order sehingga tidak banyak barang yang tersisa jika penjualan sedang sepi.

Jualan Makanan Ringan

Anjuran untuk berada di rumah saja juga memungkinkan kita memiliki banyak waktu luang. Kita bisa memanfaatkannya untuk bereksperimen membuat makanan olahan yang enak dan tahan lama. Seperti keripik, kue kering, hingga lauk-pauk yang memiliki masa simpan yang panjang seperti rendang.

Untuk memproduksi ini, kita harus memperhatikan kualitas bahan baku, proses memasaknya, hingga pengemasannya. Gunakan kemasan yang kedap udara atau yang hampa udara agar produk tidak mudah rusak dan tahan lebih lama. Kita bisa memanfaatkan platform media sosial untuk berpromosi atau menggunakan e-commerce yang sudah ada.

Jualan Sayur-Mayur

Kata siapa berjualan sayuran hanya bisa dilakukan secara offline. Saat ini sudah banyak platform khusus untuk berbelanja sayur secara online. Seperti tanihub.com, happyfresh.id, tukangsayur.co, nyayur.id, hingga sayurbox.com. Tinggal kita sesuaikan dengan lokasi tempat kita berjualan.

Untuk berjualan sayur online ini, kita bisa menanam sendiri sayurnya. Selain untuk berjualan, aktivitas bertanam ini bisa menjadi obat jenuh ketika mengisolasi diri. Menanam sayur relatif lebih mudah dan proses panennya lebih cepat. Media tanamnya pun bisa dilakukan di lahan sempit. Asalkan kita memang gemar bertanam dan sabar merawatnya.

Kita juga bisa menjualnya di lingkup RT dan melakukan promosi melalui media sosial dan grup whatsapp. Untuk menarik minat pembeli, kita bisa memberikan bonus sayur selama masa promo atau memproduksi sayur organik yang masih jarang di pasaran.

Freelancer

Peluang usaha ini cocok untuk kalian yang memiliki keahlian di dunia kreatif dan digital. Kita bisa menjadi video editor, content creator, animator, desain grafis, jasa penulisan hingga editing. Untuk mendapatkan peluang lebih banyak, rambah lowongan proyek di situs-situs mancanegara. Untuk itu, pastinya diperlukan kemampuan berbahasa inggris yang baik.

Youtuber

Saat ini, youtuber adalah pekerjaan yang paling diburu para milenial. Selain relatif bebas tanpa terikat jam kerja, penghasilannya pun relatif besar karena dibayar dalam bentuk dolar. Meski demikian tidak mudah untuk membuat konten yang menarik. Diperlukan kepekaan dan kemampuan membaca peluang dalam membuat konten.

Jangan fokus pada konten yang sedang ramai saja. Kita bisa mengeksplorasi minat dan kemampuan kita dalam membuat konten. Jika suka ngegame, kita bisa membuat video gaming. Atau jika senang memasak, kita bisa membuat video khusus masak-memasak. Bahkan kegiatan sehari-sehari pun bisa menjadi konten. Asalkan kita bisa menyampaikannya dalam bentuk video yang menarik dan enak ditonton.

Untuk menjadi youtuber ini tidak serta merta langsung terasa hasilnya. Diperlukan usaha yang keras dan waktu yang relatif lama agar channel kita dikenal banyak orang dan mendapat banyak klik. Hindari mengangkat tema yang kontroversial, menyudutkan pihak tertentu, dan menipu penonton melalui judul yang tidak sesuai dengan isi.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.