READING

Jerinx SID Terlibat Perang Medsos dengan Vallenist...

Jerinx SID Terlibat Perang Medsos dengan Vallenisti

KEDIRI– I Gede Ari Astina alias Jerinx, drummer grup band aliran punk Superman Is Dead (SID) terlibat perang terbuka dengan para Vallenisti, yakni sebutan para  fans  penyanyi dangdut Via Vallen (Vv).

Perang di media sosial itu  disulut status instagram @jrxsid yang menyoal pelantunan  lagu Sunset di Tanah Anarki (SDTA) oleh Vv tanpa izin.

Mendangdut koplokan SDTA dengan tujuan mengeruk kekayaan pribadi dan popularitas, kata  Jerinx sama halnya membunuh roh lagu yang pesannya sangat humanis.

“Memperkaya diri memakai karya orang lain sekaligus membunuh ruh dari karya tersebut, “tulis Jerinx

Kendati demikian sebenarnya Jerinx tidak begitu mempermasalahkan ketika Vv pertama kali menyanyikan lagu SDTA di tahun 2013.

Saat itu popularitas Vv belum semoncer sekarang. Di blantika musik tanah air masih pendatang baru. Alasan itu yang membuat Jerinx membiarkannya.

“Ok 2013, lagu Sunset di Tanah Anarki kami ikhlaskan. Mindset kami saat itu cukup naif, anggap saja membantu struggling musician,  “tulisnya.

“Sampai dia bikin DVD segala, dikomersilkan rapopo”.

Namun ketika Vv sudah menjadi penyanyi top, yakni termasuk menjadi pelantun official song Asean Games dan secara finansial sudah tajir, tapi tetap menyanyikan SDTA tanpa izin, bagi Jerinx perlu diingatkan.

“Vv harusnya sudah belajar jadi manusia. Jangan bisanya hanya mengambil saja. Selama ini nyanyi SDTA ribuan kali, lirik lagu kami gak ada artinya bagi dia?. Dengan follower berjuta, minimal berkontribusilah utk gerakan melawan lupa, atau pelurusan sejarah 65, perjuangan Kendeng, dll. Ada banyak sekali hal yang bisa Vv lakukan tanpa harus keluar duit ”.

Jerinx juga mengatakan akan merasa bangga jika Vv atau siapapun yang hidup dari karya SID bisa memanfaatkan ketenaran (fame) untuk cinta yang lebih besar. Bukan hanya untuk memperkaya diri sendiri dan keluarga.

“Mungkin banyak pertanyaan kenapa baru sekarang saya sentil Vv?. Simpel. Karena album SID yang baru saja rilis ini penuh akan lagu potensial yg sangat mungkin dijadikan versi dangdut/koplonya”.

Jerinx juga menegaskan, apa yang dipersoalkannya bukan urusan uang. SID kata dia tidak akan menuntut nominal apapun dari Vv atau penyanyi lain yang pernah atau masih hidup atas karya SID.

Dia hanya meminta mereka lebih bijak jika berurusan dengan musik SID. Sebab SID kata Jerinx bukan hanya sekedar band hiburan. Bagi SID uang, ketenaran, rupa bukanlah segalanya. Ada hal lebih besar yang harus selalu dijunjung tinggi, yaitu Integritas.

Baca Juga: Cerita Punk dan Kapitalisme

Dua status yang cukup panjang di IG itu sontak membuat para Vallenisti kebakaran jenggot. Mereka murka.

Apalagi di status keduanya akun @jrxsid menuliskan.  “saya harus minta maaf memanggilnya pelacur?. NEVER. Siapapun yang lacurkan integritasnya lalu lakukan hal tak terhormat hanya demi uang layak dicap pelacur. Bahkan seorang presiden sekalipun”  

“Baguslah Vv minta maaf. Saya maafkan. Semoga gal terulang lagi, dan ini bisa jadi pembelajaran bagi musisi lain. Mencari makan dengan menghancurkan nyawa lagu lagu orang lain itu tidak bisa ditolelir. Terlebih tanpa seijin penulisnya”

Seperti akun @nvagr langsung mereaksi akun Jerinx dengan menyerang, “Anda telah melakukan kebodohan, yang awalnya suka malah jadi jijik. Kasihan sekali. Paling lama Cuma satu minggu komentar anda penuh, setelah itu ya kembali lagi kayak postingan anda di bawah. Miris”

Akun @namnam28 juga merespon dengan tulisan, “Mas. Itu vv udah minta maaf tuh. Kapan masnya minta maaf udah ngatain vv pelacur????????”.

Serangan itu langsung tertuju pada akun @jrxsid. Dan Jerinx meladeni setiap serangan dengan kalimat tidak kalah sarkas. Dia juga mendapat banyak pembelaan dari outsider, yakni para fans SID.

Sementara di akun IG @viavallen terunggah sebuah status klarifikasi dan pembelaan diri: “Kenapa harus saya (SAJA) ??? Semoga klarifikasi dari saya ini sedikit bisa meluruskan beberapa hal yang sudah dianggap salah. Mohon digeser sampe tuntas agar tidak ada kesalahpahaman”. 

Selain status, akun @viavallen juga mengunggah 10 screenshot yang intinya klarifikasi atas tuduhan yang dilontarkan akun @jrxsid. Dalam salah satu screenshot Vv menyatakan minta maaf kepada Jerinx jika tidak berkenan lagu SID dinyanyikannya diatas panggung off air.

Vv menyatakan dari lubuk hati yang paling dalam tidak ada niatan untuk merusak ruh lagu. Vv juga mengakui tidak pernah meminta ijin menyanyikan. Namun dia menolak jika hal itu disamakan dengan mencuri lagu. Sebab menurut Vv lagu yang dia nyanyikan tetap milik penciptanya (SID).

Di akunnya, Vv juga menyesalkan kata pelacur yang ditulis akun @jrxsid. Vv menuliskan : “Coba dibalik kalau adik perempuan/kakak perempuan/ibu anda dibilang pel*acur apakah anda terima???. Hargailah perempuan, karena yang melahirkan anda adalah perempuan. Sekali lagi jika menurut kalian tindakan sy ini salah, sy mohon maaf”. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

  1. Avatar
    YouLimbuk

    16 November

    Bisa jadi Jerinx adalah NellaLovers

  2. […] Baca Juga: Jerinx dan Pendukung Via Vallen Perang […]

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.