READING

Kampung Jamu Kediri Berpeluang Jadi Kota Sehat 201...

Kampung Jamu Kediri Berpeluang Jadi Kota Sehat 2019

KEDIRI – Aktivitas masyarakat memproduksi jamu di Kelurahan Kampungdalem, Kecamatan Kota, Kediri menarik perhatian Kementerian Kesehatan. Kampung ini akan dinominasikan dalam penilaian Kota Sehat tingkat nasional 2019.

Sudah sejak lama warga Kelurahan Kampungdalem di Kota Kediri meracik jamu tradisional. Aktivitas ini dilakukan sejak bertahun-tahun lalu sebagai salah satu komoditas unggulan selain kuliner dan perdagangan.

Karena dianggap inovatif, tim verifikasi lapangan Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengunjungi kampung ini, Rabu 4 September 2019. Mereka ingin menyaksikan sendiri bagaimana warga Kampungdalem menghidupkan pembuatan jamu tradisional yang mulai ditinggalkan masyarakat.

Di kelurahan ini, tim verifikator melihat langsung pembuatan jamu berbahan komoditas alam. Mereka juga mencicipi olahan jamu yang dibuat masyarakat untuk membuktikan khasiat dan keamanan jamu yang diproduksi. “Ini bagus sekali dan harus ditingkatkan dan dikembangkan di daerah lain,” kata ketua tim verifikasi lapangan Iwan Nefawan.


Tim verifikasi lapangan Kota Sehat Kementerian Kesehatan di Kampungdalem Kediri. Foto Humas

Kampung jamu ini merupakan hasil kolaborasi inovasi antara Pemerintah Kota Kediri dengan Universitas Islam Kadiri dan Universitas Negeri Malang. Program tersebut adalah hasil dari penelitian penelitian yang dibiayai Kemenristekdikti. Inovasi itu dinilai sukses dan layak diajukan dalam penilaian Kota Sehat 2019,

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memang memberikan perhatian khusus pada pengembangan potensi ini. Dalam kunjungannya ke Kampungdalem beberapa waktu lalu, dia menyatakan kebanggaan pada kreativitas warga untuk meningkatkan perekonomian mereka.

“Kebetulan di sini banyak sekali aktivitas para pedagang yang dari dulu adalah pusat kuliner dan perdagangan. Ada jamu, tumpang, sate dan macem-macem,” katanya saat berkunjung di kampung jamu.

Kampung jamu ini sekaligus mendukung program Pemerintah Kota Kediri sebagai kampung kreatif dan independen (Keren). Program ini mendorong kampung-kampung di Kota Kediri untuk berdaya dan berdaya saing.

“Kelurahan Kampungdalem ini merupakan salah satu kelurahan yang keren, karena bisa mengkolaborasikan prodamas dan kampung keren yang menjadi program unggulan di tahun 2020 dan selanjutnya,” kata Mas Abu, panggilan Abdullah Abu Bakar.

Penulis : Dina Rosyidha
Editor : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.