READING

Kampus Brawijaya Malang Ternyata Paling Disukai di...

Kampus Brawijaya Malang Ternyata Paling Disukai di Indonesia

MALANG- Jumlah peminat yang ingin kuliah di Universitas Negeri Brawijaya (UB) Malang dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019, ternyata paling tinggi di Indonesia. Dari 10 kampus di Indonesia dengan pendaftar terbanyak, pendaftar di UB terhitung paling besar.   

Jumlahnya mencapai 55.871. Angka itu melampaui peminat di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, yakni 48.753 yang sekaligus menjadi terbanyak kedua. Juga mengalahkan jumlah peminat kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang tahun ini tercatat 48.440 peserta dengan urutan ketiga terbanyak.   

“Memang benar kampus kami (UB) tercatat di Kemenristekdikti sebagai kampus paling banyak peminatnya pada tahun ini,”ujar Kasubag Humas dan Kearsipan UB Kotok Gurito.  Jumlah  55.871 pendaftar di UB adalah sebagian dari 714.652 peserta SBMPTN yang ikut seleksi di Perguruan Tinggi (PT) se-Indonesia.

Karena jumlah pendaftar yang besar, otomatis tingkat persaingan untuk bisa lolos ujian semakin tinggi. Apalagi di jalur SBMPTN, UB hanya memiliki kuota penerimaan  5.615 mahasiswa baru yang hasilnya sudah diumumkan Kemenristekdikti Selasa lalu (9/7).

“Kami hanya menerima 5.615 mahasiswa saja pada jalur ini, “kata Kotok Gurito. Kampus UB Malang memiliki75 program studi (Prodi) jurusan. Tiga fakultas diantaranya, yakni Tekhnik, Kedokteran dan Pertanian menjadi unggulan. Tahun ini Prodi Saintek memiliki 2.202 peminat yang sekaligus terbesar kedua di Indonesia.

Begitu juga dengan Prodi Hukum yang berada di kelompok Soshum. Sebanyak 2.584 peserta merupakan terbesar kedua. “Pada SBMPTN tahun ini UB Malang juga mencatatkan diri dengan nilai rata rata tertinggi, yakni peringkat sembilan, “sambung Kotok.  

Bagi peserta yang tidak lolos SBMPTN, menurut Kotok masih bisa berkesempatan mengikuti ujian  seleksi jalur mandiri. Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di UB memiliki kuota 30 persen. Sementara jumlah peminat SBMPTN kampus Universitas Negeri Malang (UM) tidak masuk 10 besar terbanyak.

Tahun ini UM mendapatkan  36.262 peserta. Adapun prodi yang paling diminati Teknik Informatika (TI). “Ada puluhan prodi yang kami sediakan. Yang paling banyak peminat TI, “kata Kasubag Humas UM Ifa Nursanti. Bagi mereka yang tidak lolos SBMPTN, kampus UM masih menyediakan kuota jalur seleksi mandiri sebanyak  2.010 mahasiswa baru.  

Reporter: Moh Fikri Zulfikar
Editor: Mas Garendi

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.