READING

Kebakaran di Puncak Gunung Raung Picu Banjir Bondo...

Kebakaran di Puncak Gunung Raung Picu Banjir Bondowoso

SURABAYA – Banjir bandang menerjang ratusan rumah di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Banjir diduga berasal dari sisa kebakaran hebat di puncak Gunung Raung yang membawa potongan kayu ke pemukiman penduduk.

Banjir yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB ini mengejutkan warga Desa Sempol yang sedang beraktivitas. Warga kaget karena banjir tiba-tiba menerjang pemukiman di tengah cuaca terang dan tidak sedang turun hujan. “Hujan terjadi di atas (Gunung Raung),” kata Subhan Wahyudiono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur saat dihubungi Jatimplus.ID, Rabu 29 Januari 2020.

Menurut Subhan, kawasan puncak Gunung Raung mengalami kebakaran hebat beberapa hari lalu. sehingga ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, membawa sisa kayu yang terbakar ke bawah. Bahkan air yang menerjang pemukiman juga terlihat berwarna hitam.

Laporan yang diterima BPBD Jawa Timur menyebutkan banjir ini memicu kerusakan di kawasan yang bermukim di sekitar sungai. Diperkirakan terdapat 200 kepala keluarga yang terpaksa meninggalkan rumah akibat terjangan banjir setinggi 60 centimenter.

Namun demikian Subhan memastikan tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang ini. Bahkan saat ini banjir tersebut telah reda dan warga mulai membersihkan sisa-sisa lumpur di rumah mereka. “Tidak ada korban jiwa. Air sudah surut dan warga mulai membersihkan rumah,” katanya.

Sementara itu di linimasa media sosial berkelindan video banjir yang terjadi di Desa Sempolan dalam beragam visual. Video itu menggambarkan kepanikan warga saat melihat air bah berwarna hitam pekat menerjang rumah mereka. Air itu bahkan dengan deras melewati jalan raya sambil membawa potongan kayu dan perabot milik warga.

Kawasan hutan di puncak Gunung Raung yang memiliki ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl) terbakar hebat pada Oktober 2019 lalu. Tak hanya menghanguskan kawasan hutan, kebakaran ini juga sempat menjebak tujuh warga negara asing asal Singapura dan enam pendaki asal Indonesia. Kebakaran diperkirakan berada di Pos 4, Pos 5, Pos 6, dan Pos 7 jalur pendakian. (Hari Tri Wasono)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.