READING

Kemarau Berakhir di Oktober, Bersiaplah Menyambut ...

Kemarau Berakhir di Oktober, Bersiaplah Menyambut November Rain

Surabaya – Udara di bulan Oktober betul betul mencapai panas terakutnya. Di kulit terasa lebih gerah dan lengket. Tak hanya di pagi hari. Rasa tak nyaman seantero Jawa Timur itu juga menyengat pada malam hari. Suhu rata rata mencapai 30-34 derajat celcius.

Seperti dilansir dari Tribunjatim.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya menyebut September-Oktober sebagai puncak musim kemarau. “Di wilayah Jawa Timur telah memasuki puncak kemarau, “tutur Kepala BMKG Juanda, Surabaya Nurhuda.

Puncak kemarau berdampak pada menyusutnya sumber air. Warga di sejumlah daerah, yakni diantaranya wilayah Blitar selatan, sebagian wilayah Kabupaten Tulungagung, juga Trenggalek mulai didera krisis air bersih.

Untuk mencukupi kebutuhan air  warga bergantung dari pasokan pemerintah daerah setempat. Kendati demikian, kata Nurhuda kemarau  masih dalam tahap normal. Kemarau tidak pada durasi yang berkepanjangan.

Udara panas ini diramal BMKG berakhir di penghujung Oktober. Kalaupun mundur paling lambat pada minggu pertama bulan November. “Musim hujan kami kira akan jatuh pada minggu kedua bulan November. Hujan akan turun di beberapa wilayah Jawa Timur, “jelasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.