READING

Ketika Via Vallen Dihujani Kritik Oleh Para Blink

Ketika Via Vallen Dihujani Kritik Oleh Para Blink

Siapa yang tidak kenal dengan Via Vallen. Penyanyi beraliran dangdut koplo ini sedang naik daun berkat lagu-lagunya yang easy listening dan suaranya yang merdu. Dengan gaya yang kekinian dan sopan, membuat banyak orang menganggap Via berhasil menaikkan kasta lagu dangdut sehingga layak dibawakan di panggung-panggung besar hiburan tanah air.

Selain membawakan lagu ciptaan sendiri, Via juga kerap menyanyikan kembali (cover) lagu penyanyi lain di luar genre koplo. Salah satunya adalah mengcover lagu K-pop (Korean Pop) yang diaransemen ulang menjadi aliran koplo. Beberapa lagu hits sempat ia cover dan mendapat sambutan positif. Yang paling sukses adalah cover lagu “Ddu-Du Ddu-Du” milik girlband asal Korea Selatan, Blackpink. Video penampilan live-nya ini telah ditonton sebanyak 29 juta kali.

Ingin mengulang kesuksesannya, belum lama ini Via kembali mengcover lagu milik Blackpink dengan judul “How You Like That”. Sejak dirilis 26 Juni lalu, lagu ini langsung menarik perhatian para Blink (fans Blackpink). Makanya lagu ini kini berhasil mendominasi trending youtube. Sembilan video diantaranya merupakan lagu “How You Like That,” dengan berbagai jenis video mulai dari music video (mv) official, live performance, dance performance, hingga video cover.

Para Blink seantero jagat pun bersuka cita setelah menunggu Blackpink come back di jagat hiburan Korea Selatan. Termasuk para Blink Indonesia. Namun ternyata mereka tidak terlalu menyukai cover lagu “How You Like That” versi Via. Hal ini terlihat dari jumlah dislike dari video cover ini lebih dari separuh jumlah like.

Blink Indonesia sendiri merupakan komunitas yang besar. Di semua platform media sosial, mereka cukup vocal terhadap segala informasi terkait profil member hingga lagu-lagu terbaru milik Blackpink. Ketika lagu “How You Like That” dicover Via, penyanyi asal Surabaya ini pun menjadi sasaran empuk kritikan para Blink.

Berbeda dengan lagu Ddu-Du Ddu-Du yang mendapat dukungan baik dari Blink maupun Vyanisty (sebutan fans Via Vallen, red), kali ini Via mendapatkan banyak kritikan di kolom komentar video youtube-nya. Mereka menganggap beat lagu “How You Like That” yang swag tidak cocok diganti menjadi dangdut koplo. “Please mbak, jangan maksa banget gini loh, gak cocok mba di koploin gini,” tulis Echa Reyzha.

Rata-rata para Blink menganggap lagu “How You Like That” ini terdengar menggelikan dan aneh di telinga mereka. Bahkan beberapa mengaku kecewa dengan hasil coveran Via karena dianggap merusak versi asli lagu. Padahal para Blink telah menunggu setahun lebih untuk bisa menikmati lagu come back Blackpink.

“Sumpah pas denger ini langsung lost respect gt ke mbanya. Maksudnya ini tu lagu bagus, kita blink nunggu come back mereka lama, ga cocok dijadiin koplo. Bukannya gimana tapi maksa asli. Mending real cover aja jangan diganti genre, kedengarannya aneh juga,” tulis afifah tl.

Via sendiri menggarap lagu cover “How You Like That” ini lebih serius. Dia membuat video klip khusus untuk lagu ini, tidak lagi berupa video live performance seperti cover lagu Ddu-du-du. Meski demikian, MV cover kali ini cukup sederhana, hanya fokus menyorot Via saat menyanyi dengan background hitam dan sorot lampu. Video yang dirilis tanggal 3 Juli ini kini telah diputar lebih dari 1 juta kali dan menduduki posisi ke-14 di kolom trending.

Meski dibanjiri kritik, beberapa vyanisty nampak menunjukkan dukungannya terhadap lagu cover Via Vallen. Mereka tetap memberikan semangat bahkan memuji penampilan Via serta berusaha agar video-video karya penyanyi 28 tahun ini bisa lama nangkring di kolom trending youtube.

“Berkarya terus Mbak. Semoga lagu2 original sampean selanjutnya booming. Aamiin,” tulis hyeonjunglee.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.