READING

Konsumsi Sayur dan Buah Ternyata Efektif Lawan Cor...

Konsumsi Sayur dan Buah Ternyata Efektif Lawan Corona

KEDIRI- Virus corona memang menjadi momok untuk saat ini karena mudah sekali menular. Namun penyakit yang disebabkan virus Covid-19 ini bisa disembuhkan kok. Virus ini tidak mudah melemahkan manusia yang memiliki kekebalan tubuh yang bagus.

Tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Hal ini sama seperti yang disampaikan para pasien yang sembuh dari virus corona. Mereka menjadi lebih sehat setelah mengonsumsi makanan yang bergizi. Termasuk di dalamnya memperbanyak makan sayur dan buah selama masa perawatan.

Tips ini jelas tidak hanya berlaku untuk mereka yang sakit. Masyarakat yang sehat pun sebaiknya memperbanyak mengonsumsinya.

Diketahui sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya yakni zat besi (fe). Zat ini penting untuk meningkatkan jumlah hemoglobin atau senyawa protein yang ada pada sel darah merah. Zat ini berfungsi untuk mengikat oksigen dalam darah. Jika suplai oksigen memadai, organ-organ tubuh pun bisa bekerja dengan baik.

“Kalau hemoglobin kita bagus maka zat-zat darah lainnya juga bagus dan akhirnya daya imun kita juga bagus,” kata dr. Fauzan Adima, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri.

Mengonsumsi sayur dan buah menjadi hal penting. Namun di sisi lain, masyarakat memiliki keterbatasan dalam mengkasesnya karena program isolasi mandiri. Hal inilah yang kemudian mendorong komunitas petani sayur organik yang tergabung dalam Komunitas Hortikultura Kota Kediri (Kohikari) ikut turun menyumbangkan sebagian hasil panennya.

“Kami menyumbang ke Kelurahan Wilis, Balowerti, dan Bujel khususnya untuk masyarakat yang melakukan isolasi mandiri,” kata Haryanto, bendahara Kohikari.

Jenis sayuran yang disumbangkan berupa sayur pakchoy, samhong, pagoda, sawi, dan 60-an buah mentimun dengan jumlah total sekitar 70 pack. Selain sayuran, bantuan juga ditambah lauk tahu mentah. Bantuan diberikan pada Hari Senin lalu (13/04).

Haryanto menyadari sumbangan yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak wabah virus masih sangat terbatas. Pasalnya saat ini tanaman milik para anggota Kohari yang berjumlah sekitar 100 orang sebagian besar masih belum sampai tahap panen. Sehingga hasilnya belum banyak.

“Kalau nanti sudah panen lagi, Insyaallah kegiatan ini berlanjut,” jelas Haryanto.

Meski tidak banyak, Haryanto berharap sumbangan sayuran ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan makanan khususnya sayuran. Mengingat sayuran ini cukup penting bagi kesehatan karena bisa menjadi sumber nutrisi, menyuplai kebutuhan vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

“Kami hanya ingin meringankan beban korban dampak virus corona dan ingin berbagi. Semoga virus ini bisa segera berakhir,” harapnya.

Untuk diketahui, saat ini ada sekitar tujuh temuan kasus positif Covid-19 di Kota Kediri. Dua dinyatakan sembuh, sedangkan sisanya masih dalam proses perawatan. Di Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto sendiri ada setidaknya 50 KK yang melakukan isolasi mandiri sejak tanggal 10 April 2020.

“KK yang melakukan isolasi ini berdasarkan radius terdekat dari rumah pasien positif. Mereka menjadi ODP dan diminta untuk melakukan isolasi diri,” kata Khoiruddin, Kasie Kesra Kelurhaan Bujel.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.