READING

Konten Mistis dan Horor Selalu Digandrungi Netizen...

Konten Mistis dan Horor Selalu Digandrungi Netizen Indonesia, Mengapa?

Saat ini video-video youtube semakin menjadi primadona masyarakat untuk dinikmati daripada tayangan televisi karena banyaknya ragam  hiburan yang ditawarkan. Masyarakat pun bisa memilih sendiri video-video yang  mereka sukai sehingga membuat masyarakat tidak bosan dan selalu mendapatkan wawasan baru.

Dari sekian banyak jenis dan tema hiburan yang ada, konten horor dan misteri memiliki jumlah penonton yang  tinggi. Hal ini bisa dilihat dari kolom trending yang selalu ada video dengan konten uji nyali atau pengalaman paranormal atau anak-anak indigo ketika menerawang tempat-tempat seram dan angker.

Tidak hanya pengalaman bertemu hantu saja, cerita-cerita horor dan misteri dengan konsep story telling pun tidak kalah pamor. Selalu banyak penikmat yang menyimak cerita-cerita tersebut dengan penuh hikmat dan bahkan mendesak pemilik channel untuk segera mengunggah cerita-cerita lain yang tidak kalah seram.

Tak heran banyak channel-channel youtube dengan konten horor, mistis dan misteri terutama yang ada embel-embel based to story yang kebanjiran subscribers. Mulai dari channel Jurnalrisa, Sara Wijayanto, hingga Nessie Judge yang videonya sering bertengger di kolom trending. Ada pula channel Ewing HD, HAGZ, Ki Prana Lewu, hingga Sableng TV.

Saking menariknya pangsa pasar konten horor ini, sejumlah channel youtube artis maupun influencer pun ikut-ikut mengangkat cerita-cerita mistis. Sebut saja akun channel Raditya Dika yang sebenarnya adalah seorang komika yang mengangkat kehidupan sehari-hari juga pernah mengangkat cerita horor “Rumah Eyang”.

Ada pula channel Rachel Goddard yang sehari-hari mengupload konten bermake-up dan tips merawat kulit dan rambut juga pernah mengangkat cerita hantu. Karena memang bukan domainnya, Rachel pun mengangkat konten ini dengan cara story telling  dari pengalaman subscriber-nya.

Sebenarnya tidak semua orang tahan dengan cerita horor karena ada yang memiliki tingkat ketakutan yang berbeda-beda. Namun ada pula yang lebih senang mengonsumsi hal-hal berbau supranatural karena ada efek kimiawi tertentu pada otak.

Seperti yang dijelaskan oleh Glenn Spark melalui laman www.psychcentral.com bahwa ketika orang menonton film yang menakutkan akan menaikkan detak jantung, tekanan darah dan peningkatan intensitas pernapasan. Sensasi tersebut akan bertahan selama menonton film karena ada tempo-tempo yang cepat dan kejutan-kejutan yang tidak terduga.

Pada sebagian orang, sensasi tersebut bisa bertahan setelah selesai menonton film. Makanya terkadang ada banyak orang yang kemudian takut tidur sendirian atau ke kamar mandi sendirian. Namun sebagian orang tanpa sadar hanya berfokus pada pengalaman pada menontonnya, bukan pada filmnya. Sehingga yang diingat adalah rasa gembira ketika berteriak-teriak histeris bersama dengan rekan lainnya dan ingin mengulanginya lagi.

Orang yang menyukai hal-hal berbau horor biasanya merasa lebih senang, fresh, dan kepala menjadi lebih enteng karena stress, bosan dan kepenatan dari pekerjaan sehari-hari berkurang.

Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia dulunya adalah penganut animisme dan dinamisme. Hal ini membuat banyak cerita-cerita mistis yang beredar di kalangan orang terdahulu tentang sesuatu hal. Seperti yang diangkat oleh Channel Kisah Tanah Jawa yang menghadirkan kisah-kisah mistis suatu tempat.

Biasanya video-video seperti ini memunculkan komentar dimana para penikmatnya memiliki pengalaman yang sama atau cerita yang hampir sama di tempat tersebut. Atau bagi yang belum tahu, video seperti ini memunculkan pengetahuan baru dan bisa dijadikan acuan ketika mereka mendatangi lokasi yang sama dengan yang ada di video.

Jika mau menjadi youtuber, barangkali konten mistis, horor atau misteri dengan konsep para youtuber yang sudah ada bisa diadopsi.

Penulis : Dina Rosyidha
Editor: Prasto Wardoyo

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.