READING

Lawan Covid-19, Gugus Tugas Blusukan ke Pasar

Lawan Covid-19, Gugus Tugas Blusukan ke Pasar

KEDIRI – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri terus berjuang memutus mata rantai penyebaran virus. Salah satunya dengan masuk ke pasar tradisional untuk memberikan edukasi tentang pandemi.

Sabtu, (16/5), tim Gugus Tugas bersama jajaran TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dinas Perdagangan, Bagian Perekonomian, DKPP serta Dinas Pertanian dan Perkebunan terjuan ke titik kumpul masyarakat.

Mereka menyasar sejumlah pasar tradisional yang menjadi jujukan warga, seperti Pasar Kandangan, Pasar Pamenang Pare dan swalayan di wilayah Kecamatan Pare. Di tempat itu petugas mewajibkan para pedagang dan pembeli untuk menggunakan masker saat melakukan aktivitas. “Silahkan bapak ibu mencuci tangan dan memakai masker. Selalu jaga kebersihan,” teriak petugas melalui pengeras suara.

Selain melakukan sosialisasi, Gugus Tugas Kabupaten Kediri juga melakukan tracing kepada orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Seperti di Desa Kedak, Kecamatan Semen, sebanyak 68 warga dilakukan rapid test. Hal ini setelah mengetahui puluhan orang itu tetap melaksanakan Tarawih bersama pasien terkonfirmasi positif Covid-19, sebelum hasil swab pasien tersebut keluar.

Dari 68 orang, 12 orang diantaranya dinyatakan reaktif. Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan swab untuk memastikan apakah keduabelas orang tersebut terjangkit Covid-19.

Peristiwa itu menunjukkan masih rendahnya kesadaran masyarakat tentang upaya memutus mata rantai Covid-19. Karena itu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kediri  juga melakukan koordinasi dengan kepada pemerintah desa. Terutama  yang warganya terkonfirmasi positif Covid-19.

Pemerintah desa dan lingkungan dituntut memberikan dukungan kepada warga yang melakukan isolasi mandiri. Warga harus faham jika Covid-19 bukan aib dan bisa disembuhkan. Untuk itu saling bantu dan saling menyemangati dibutuhkan dalam menangani pandemi ini. (Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.