READING

Lima Album Rock 90’ Yang Populer Hingga Sekarang

Lima Album Rock 90’ Yang Populer Hingga Sekarang

Bagi penikmat musik rock, lagu yang diproduksi tahun 1990 adalah permata. Di medio itu musik rock mendominasi ruang dengar dan industri musik tanah air. Bisnis toko kaset laris manis dibanjiri album bergenre rock klasik.

Namun tahukah kamu jika beberapa lagu yang mereka ciptakan di tahun 90-an tetap digandrungi hingga sekarang. Meski tak banyak, karya band-band itu seakan tak bisa diganti dengan genre lain yang lebih modern.

Berikut daftar album musik rock 90’ yang dianggap abadi dan masih dimainkan anak muda sekarang :

Semut Hitam (God Bless)

Album Semut Hitam adalah album God Bless paling laris yang diluncurkan pada tahun 1988. Album ini sekaligus menjadi tonggak perubahan warna musik God Bless dari rock progresif menjadi lebih keras. Di luar dugaan, perubahan warna musik ini mendapat apresiasi besar dari masyarakat yang mendongkrak penjualan album Semut Hitam.

Selain lebih nge-rock, lagu Rumah Kita dan Kehidupan menjadi nilai lebih album ini. Lirik dan aransemen musiknya memberi ruang komersial demi mempertimbangkan selera pasar. Sayang kesuksesan album ini dibayar mahal dengan hengkangnya Ian Antono yang digantikan Eet Sjahranie dalam formasi God Bless.

Power One (Power Metal)

Album Power One mendapat sambutan menggembirakan dari rockers mania. Dalam album ini terdapat beberapa lagu hits dan masih kerap dimainkan band era sekarang. Diantaranya adalah Angkara, Satu Jiwa, Pengakuan Bayangan Dirimu, Malapetaka dan Cita Yang Tersita.

Kesuksesan album ini membuat Power Metal diganjar penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik di ajang BASF Awards 1991. Angka penjualan kaset album Power One kala itu laku di atas 300 ribu kopi. Sebuah angka penjualan yang cukup fantastik untuk sebuah grup rock beraliran heavy metal. Sementara grup rock yang bisa menembus angka itu baru God Bless, lewat album Semut Hitam (1989).

Peterson – Anak Rembulan (Grass Rock)

Album Peterson (Anak Rembulan) yang merupakan album pertama Grass Rock dinilai paling sukses dibanding album lainnya yang lahir belakangan. Penjualan album yang dirilis tahun 1990 itu tak bisa dikejar oleh album Bulan Sabit (1992), Grass Rock (1994), Menembus Zaman (1999), dan satu single Rock Kemanusiaan “Prasangka”.

Lagu Peterson bahkan menjadi ikon grup musik asal Surabaya dan kerap dimainkan oleh musisi era sekarang. Meski sempat diaransemen ulang oleh Rere dan kawan-kawan, namun roh Peterson tak pernah sirna sebagai lagu wajib rocker.

Tato (Elpamas)

Sebagai bekas grup musik beraliran dangdut, Elpamas sukses merintis karir di jalur rock. Album Tato yang dirilis tahun 1991 sukses di pasaran lantaran lagu ‘Pak Tua’. Lagu yang diciptakan oleh Pitat Haeng (nama samaran Iwan Fals) ini menjadi terkenal setelah sempat dicekal oleh rezim orde baru gara-gara dituduh menyindir Presiden Soeharto.

Meski tak diaransemen dalam bentuk heavy metal seperti lagu Tato, lagu Pak Tua digandrungi masyarakat sebagai lagu perlawanan. Saking populernya lagu ini menjadikan hampir seluruh pengamen jalanan menghafalnya dengan baik. Lirik dan kunci nadanya yang ringan menjadikan lagu ini mudah dimainkan siapapun.

Suit…suit…he…he… (SLANK)

Bosan menjadi band cover yang menyanyikan lagu-lagu The Rolling Stones, Slank mencoba peruntungan membuat lagu sendiri. Sempat ditolak sejumlah perusahaan rekaman, band yang masih eksis hingga sekarang ini meluncurkan album Slank. Dua lagu dalam album ini menjadi hit dan pelopor gaya bermusik slengekan rocker muda. Dalam waktu singkat, lagu Maafkanlah dan Memang dihafal oleh jutaan anak muda tanah air.

Slank dengan cepat sukses memikat masyarakat. Bahkan mereka berhasil memboyong BASF Music Awards untuk kategori Pendatang Baru Terbaik. (*)

print

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.