READING

Lima Gerakan Sederhana Ini Bisa Atasi Insomnia

Lima Gerakan Sederhana Ini Bisa Atasi Insomnia

Tidur merupakan hal yang penting dalam kehidupan kita. Saat itulah hampir seluruh organ tubuh kita beristirahat setelah seharian bekerja keras. Jika tubuh rentan sakit, penanda waktu istirahat kita tidak mencukupi, baik kuantitas maupun kualitas.

Pernakah Anda merasakan capek dan mengantuk, namun tak bisa memejamkan mata. Ya, itu tanda awal gejala insomnia. Beberapa orang mungkin mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi obat tidur. Namun hal ini tidak baik untuk kesehatan.

Padahal ada hal lain yang lebih mudah dan sehat untuk dilakukan. Salah satunya dengan melakukan beberapa gerakan yoga ringan. Gerakan ini cukup dilakukan di atas tempat tidur dengan total waktu maksimal sembilan menit.

Berikut beberapa pose yoga yang bisa dilakukan seperti yang dilansir oleh www.fitnessmagazine.com

Up The Wall

Pertama yang dilakukan adalah duduklah menghadap ke dinding. Tidurkan badan dan angkat kaki ke dinding. Atur jarak pantat dengan dinding sekitar 16 cm atau sesuai dengan tingkat kenyamanan masing-masing. Lakukan kegiatan ini sekitar dua menit.

Seated Twist

Duduklah bersila dengan santai. Taruh tangan kanan di atas lutut kiri dan letakkan tangan kiri di belakang pantat. Regankan pinggang dengan lembut dan tarik nafas dalam-dalam. Putar badan ke arah sebaliknya dan lakukan beberapa kali selama satu menit.

Night time goddess stretch

Baringkan badan di atas kasur. Letakkan kaki sedikit tertekuk di bagian lutut dan posisi telapak kaki saling berhadapan. Kaki ini berbentuk seperti berlian atau belah ketupat. Letakkan tangan di samping tubuh dan rentangkan dengan rileks. Lakukan gerakan ini selama dua menit.

Child’s pose

Duduklah di atas kaki tertekuk. Lalu robohkan badan ke depan sehingga badan berhimpitan dengan paha. Rentangkan tangan ke arah kepala dan luruskan. Gerakan ini lakukan selama dua menit

Rock a bye roll

Rebahkan badan dan peluk lutut di atas dada. Silangkan kedua betis dan tarik nafas.

Lakukan gerakan duduk dengan tetap mempertahankan pose memeluk lutut kemudian lepaskan nafas. Lakukan gerakan ini dengan santai selama satu menit. Ubah posisi betis yang disilang, kemudian lakukan hal yang sama selama satu menit.

Selain dari gerakan-gerakan sederhana tersebut, tidak kalah pentingnya adalah mengatur nafas di setiap gerakannya. Tidak hanya itu, lakukan dengan mengosongkan sejenak hal-hal yang menjadi beban pikiran. Kegiatan ini bisa diiringi alunan musik yang temponya lambat dan bersifat menenangkan.

Jadi, mari jaga kualitas waktu istirahat kita dan hindari sebanyak mungkin aktivitas begadang jika tidak diperlukan.

Reporter: Dina Rosyidha
Editor: Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.