READING

Lima Pekerjaan Sampingan Yang Paling Dicari Saat I...

Lima Pekerjaan Sampingan Yang Paling Dicari Saat Ini

Kondisi wabah seperti ini membuat banyak orang harus melakukan banyak penghematan. Pasalnya beberapa perusahaan membuat kebijakan pemotongan gaji, pengurangan jam kerja, atau bahkan pemutusan hubungan kerja. Untuk kalian yang ingin mencari tambahan pendapatan, tidak ada salahnya untuk mulai nyambi menjadi freelancer.

Freelance sendiri adalah pekerjaan yang dilakukan secara mandiri dan waktunya fleksibel. Hal ini jelas menjadi keuntungan tersendiri karena kita memiliki kebebasan dalam mengerjakan proyek asalkan sesuai dengan target dan tenggat waktu yang telah disepakati. Kita juga bisa mengerjakan proyek sambil menjalankan aktivitas lain seperti kuliah, kerja, atau menjalankan bisnis lain.

Freelancer biasanya memilih bidang yang disenangi. Jadi keuntungan lainnya, kalian bisa menjalankan hobi sambil dibayar. Hanya saja dibutuhkan keterampilan tertentu untuk menjadi freelancer. Selain itu, pendapatan yang didapatkan tidak stabil. Semakin banyak proyek yang dikerjakan, hasilnya pun bisa semakin besar.

Di era digital seperti saat ini, jenis pekerjaan di dunia kreatif cukup banyak diminati. Berikut lima bidang yang paling banyak dicari.

Social media specialist

Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial. Begitu pula dengan produk-produk yang semakin banyak dijual secara online. Pastinya mereka membutuhkan seorang social media specialist yang bisa menjalankan akun media sosial mereka secara profesional sehingga bisa meningkatkan personal branding dan meningkatkan penjualan.

Menjadi seorang social media specialist tidak hanya asal online dan menuliskan komentar di sana-sini ya. Ada beberapa hal yang harus dipelajari. Menurut Keke Genio, influencer di bidang karir dan pengembangan diri, beberapa kemampuan yang dibutuhkan adalah paham soal branding guidelines, seperti menentukan tema dan mood feed sesuai sasaran konsumen, teknik branding, dan nilai-nilai dalam dunia branding.

Menjadi social media specialist juga harus kreatif. Paham konten apa yang harus dibuat dan dibagi di akun media sosial agar menarik orang tapi tetap sesuai dengan tema. Mereka juga harus paham teknis dan sistem kerja sosial media yang dipegang. Bagaimana cara membuat konten-kontennya, persiapannya, dan cara menganalisis hasil analytic-nya.

Jika kalian ingin terjun di bidang ini, saran Keke, coba buat portofolionya. Cari apakah ada teman atau bisnis yang ingin diurus media sosialnya. Tawarkan diri kalian untuk menghandelnya. Mungkin tidak dibayar penuh atau bahkan gratisan, tidak masalah. Hasil pencapaian kalian di proyek tersebut bisa menjadi pengisi portofolio kalian.

Fotografer, videografer, atau video editor

Di dunia yang serba digital ini, tenaga para fotografer, videografer maupun video editor sangat dibutuhkan. Karena kekuatan branding seseorang ataupun produk terletak dari seberapa bagus kualitas konten yang dimunculkan di media sosial Makanya banyak pemilik bisnis maupun influencer yang tidak main-main saat mencari tiga pekerja di bidang ini.

Kalian juga bisa bekerja secara offline seperti fotografer atau videografer pernikahan. Agar kemampuan kita dilirik klien dan bisa meningkatkan daya saing, perbanyak protofolio hasil kerja kalian.

Youtuber

Saat ini, pekerjaan ini semakin banyak diminati karena cukup potensial dalam menghasilkan uang. Selain itu, proses pembuatannya terkesan seru dan menyenangkan karena seperti menjalankan hobi saja. Jika konten kalian berguna untuk orang lain, pasti ada kepuasan batin tersendiri dalam diri kalian.

Sumber uang dari platform Youtube sendiri ada tiga macam. Mulai dari adsense, lincense, dan endorsement. Uang adsense ini didapatkan dari pihak Youtubenya jika kalian telah memiliki subscribers dan jam tayang sesuai ketentuan. Sedangkan uang license bisa kalian dapatkan jika ada salah satu karya, contohnya musik, yang digunakan pihak lain.

Sedangkan untuk endorsement bisa kalian dapatkan dari perusahaan-perusahaan yang tertarik untuk mempromosikan produk mereka melalui kalian. Jadi cukup menggiurkan kan.

Online Teacher

Pada dasarnya mengajar adalah kemampuan yang paling bisa kalian coba jika tidak memiliki kemampuan di bidang kreatif. Saat ini banyak yang membutuhkan tenaga pengajar khususnya di platform online apalagi di saat pandemi corona seperti ini.

Untuk kalian yang tertarik, kalian cukup memiliki kemampuan dan passion mengajar, dan memiliki bidang atau materi yang disenangi serta dirasa cukup ahli di situ. Kalian bisa langsung mendaftar di platform-platform kelas online seperti Ruang Guru, Zenius, Kelas Pintar, Rumah Belajar, dan lain-lain. Untuk pengajar freelance online ini biasanya dibayar berdasarkan jumlah subscribersnya.

Desainer dan programmer

Bidang ini membutuhkan skill yang paling sulit. Perlu waktu dan kelas khusus untuk mempelajarinya. Bahkan sebagian besar mereka menempuh pendidikan tinggi selama bertahun-tahun untuk bisa ahli di bidangnya. Karena susah, bayarannya cenderung mahal dan paling banyak dicari.

Mereka paling mudah mendapatkan proyek dan banyak dibutuhkan perusahaan karena di era digital ini peranan mereka sangat penting. Untuk itu bagi kalian yang sudah memiliki kemampuan ini, manfaatkan dengan baik ya, yakni dengan aktif mencarinya di plarform freelance baik di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak proyek-proyek yang dibayar pakai dolar lho. Jadi jangan ragu untuk mulai menjajal lowongan-lowongan freelance ya.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.