READING

Lowongan Kondektur PT KAI, Honornya Menggiurkan

Lowongan Kondektur PT KAI, Honornya Menggiurkan

MADIUN – PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan SMA sebagai kondektur. Apa saja syaratnya, simak penjelasan panitia seleksi PT KAI berikut ini.

Kesempatan bekerja menjadi karyawan di perusahaan milik negara ini dibuka mulai tanggal 12 – 16 Februari 2019. Divisi Sumber Daya Manusia PT KAI membuka kesempatan kepada lulusan SMA, MA, SMK, dan MAK untuk mendaftar dan mengikuti rangkaian seleksi. “Pendaftaran bisa dilakukan online melalui situs resmi PT KAI,” kata Ixfan Hendri Wintoko, Manager Humas PT KAI Daerah Operasional 7 Madiun kepada Jatimplus, Kamis 14 Februari 2019.

Informasi dan registrasi itu bisa diakses di alamat recruitment.kai.id, untuk mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi. Ixfan menjelaskan persyaratan umum yang dipatok pantia seleksi adalah memiliki nilai rata-rata ujian nasional 6,0, tinggi badan minimal 165 cm, usia 18 – 25 tahun terhitung tanggal 1 Februari 2019, serta berpenampilan menarik.

Sementara syarat khusus yang diberikan panitia seleksi adalah bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT KAI, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pemilihan lokasi seleksi juga tidak akan menentukan lokasi penempatan calon pekerja. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi juga diwajibkan mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi manapun.

Bagi masyarakat yang berminat mendaftar, diminta memenuhi berkas lamaran yang terdiri dari:

  1. Ijasah SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) asli fotokopi yang dilegalisir,
  2. Nilai Ujian Nasional asli atau fotokopi yang dilegalisir,
  3. Kartu Tanda Penduduk ( KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan yang masih berlaku,
  4. Pas foto terbaru background berwarna biru, menggunakan kemeja putih.

Seluruh dokumen itu harus terkirim dalam bentuk softcopy berformat PDF. Sedangkan foto dilampirkan dalam format jpeg.

Peserta yang sudah mengirimkan berkas pendaftaran secara online akan menerima pemberitahuan jadwal ujian. Panitia rekruitmen menentukan lima tahap yang harus dilalui para calon pekerja. Yakni seleksi awal, seleksi psikologi, seleksi wawancara, dan seleksi kesehatan akhir.

Dilansir Grid.ID dari laman warta kota, gaji yang didapat para kondektur ini cukup besar. Dengan ijasah SMA sederajat, mereka akan mendapatkan honor dan tunjangan sebagai berikut:

  1. Tunjangan anak istri 10% gaji pokok maksimal 3 orang
  2. Uang emolemen untuk lulusan SMA sebesar Rp 200 ribu per bulan, dan Rp 600 ribu untuk lulusan S1
  3. Uang perjalanan dinas paling sedikit Rp 375 ribu per bulan
  4. Tunjangan Jabatan Struktural kepada Pegawai terkait keselamatan perjalanan kereta api
  5. Tunjangan rekreasi
  6. Tunjangan rumah
  7. Tunjangan transportasi
  8. Tunjangan kebugaran.

Sehingga jika ditambah dengan gaji pokok, para kondektur lulusan SMA ini akan bisa membawa pulang pendapatan sebesar Rp 6,5 juta per bulan.

Ixfan memastikan jika seluruh proses rekruitmen mulai awal hingga akhir nanti tidak akan dipungut biaya sama sekali. Karena itu masyarakat diminta berhati-hati dan tidak mempercayai siapapun yang mengatasnamakan panitia untuk membayar.

Seluruh proses rekruitmen juga dilakukan secara terbuka dan transparan untuk mendapatkan tenaga yang benar-benar potensial. Ixfan juga meminta kepada peserta ujian ataupun keluarganya agar menolak tawaran pihak-pihak yang menjanjikan bekerja di PT KAI dengan membayar. “Tidak ada jalur itu,” katanya. (*)


Editor : editor posting Reporter : Reporter posting Visual editor : Visual posting

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.