READING

Mau Liburan? Baca Tips Ini Sebelum Menyesal

Mau Liburan? Baca Tips Ini Sebelum Menyesal

Hai gaes, udah punya rencana akhir pekan blom? Jika mau piknik, persiapkan diri sebaik mungkin sebelum memulai perjalanan, ya. Jangan sampai tekor gegara salah perhitungan memilih tempat dan waktu liburan. Atau marah-marah dengan pasangan atau keluarga lantaran lokasi yang dituju tak sesuai ekspektasi.

Jika keuangan dan waktu cukup longgar untuk melakukan travelling, lakukan perencanaan perjalanan dan budget serapi mungkin. Semakin rapi kamu menyusun rencana travelling, semakin maksimal perjalanan yang akan ditempuh.

Jatimplus.ID menyusun panduan bagi kalian yang ingin berwisata ke tempat-tempat asyik. Termasuk mengendalikan budget agar tak menyesal lantaran kantong habis terkuras.

Lakukan Riset

Sebelum melakukan perjalanan jauh, jangan pernah meninggalkan rumah tanpa mengetahui lokasi yang akan dituju. Kecuali hanya ingin menjelajah kota menggunakan kendaraan tanpa keinginan untuk berhenti seperti pemuja motor. Selain mencari informasi tempat melalui internet, bertanya kepada kawan yang pernah mengunjungi tempat itu bisa memberi alasan mengapa harus kesana. Dan jangan lupa untuk mendapat gambaran visual lokasi tersebut melalui internet.

Liburan Saat Low Season

Untuk menghemat biaya perjalanan, lebih strategis jika memilih waktu di luar musim liburan. Hal ini untuk membantu menghemat biaya perjalanan dimana pengelola transportasi dan obyek wisata akan menurunkan harga di luar musim libur. Sejumlah restaurant dan hotel juga kerap mengobral discount di hari biasa, dan menaikkan harga di musim libur.

Memilih Hotel yang Tepat

Jika terpaksa harus menginap di kota yang disinggahi, sebisa mungkin memiliki referensi informasi hotel yang lengkap. Jika kalian beruntung, akan menemukan hotel non bintang tetapi memiliki fasilitas sepadan.  Jangan malu untuk meminta informasi kamar dengan rate murah kepada petugas resepsionis hotel demi menghemat anggaran.

Tidak Membeli Oleh oleh di Tourist Spot

Membawa buah tangan saat berada di luar kota sudah menjadi kebiasaan pelancong tanah air. Jika kalian tertarik membeli sesuatu untuk kawan dan kerabat, hindari mendatangi tempat perbelanjaan untuk wisatawan. Selain lebih mahal, barang-barang yang ada di tempat itu juga tersedia di pasar tradisional dengan kualitas sama.

Mengajak Teman

Jika kebetulan kamu masih single alias belum berkeluarga, mengajak teman sangat direkomendasikan saat berwisata ke luar kota. Selain menambah keseruan, bersama seseorang yang kita kenal di tempat asing sangat membantu perjalanan kita. Apalagi kita bisa berbagi biaya saat memesan makanan dan hotel.

Makan Pinggir Jalan

Menikmati suasana kota tak harus dilakukan dari tempat mewah. Makan di pinggir jalan justru memberi kesan berbeda dan lebih banyak menangkap suasana kota dan masyarakatnya. Pemandangan “luas” ini tentu tak akan kita dapati jika makan di restaurant tertutup atau waralaba yang suasananya pasti sama di semua kota. Dan pasti lebih murah kan.

Selamat berakhir pekan. Jangan lupa bahagia. (*)


Editor : editor posting Reporter : Reporter posting Visual editor : Visual posting

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.