READING

Mencoba Opor Ayam Kuah Susu Ala Chef Willgoz

Mencoba Opor Ayam Kuah Susu Ala Chef Willgoz

Sebagai pendamping ketupat, opor ayam hampir tidak pernah absen muncul di meja makan. Kuahnya yang kuning segar membuat siapapun ngiler. Namun sayangnya para penderita kolesterol cukup menelan ludah dan memilih menu lainnya.

Jangan sedih, kuah opor ayam ternyata tidak harus menggunakan santan loh. Kita bisa menggantinya dengan susu putih tawar. Warnanya sama-sama pekat dan rasanya sama-sama gurihnya. Dan yang pasti opor ayam berkuah susu ini lebih aman dikonsumsi untuk para penderita kolesterol.

Mengingat sebentar lagi lebaran, tidak ada salahnya mulai mencoba mengulik menu wajib satu ini. Melalui channel Youtubenya, Chef William Gozali pun berbagi tips memasak opor ayam yang nikmat dan anti gagal. Tidak sendirian, jebolan Master Chef Indonesia season 3 ini didampingi bintang tamunya Chef Yuda Bustara.

Bahan-bahan yang digunakan adalah 20 siung bawang merah, 10 siung bawang putih, 3 ruas jahe, 3 ruas kunyit, 4 ruas lengkuas, 10 butir kemiri, 1 sendok makan ketumbar, 1 batang serai digeprek, 4 lembar daun jeruk yang disobek, 2 liter susu, dan garam secukupnya. Jangan lupa siapkan bahan utamanya yakni dua ekor ayam kalasan. Sebagai bahan pelengkap siapkan penyedap rasa ayam, minyak dan bawang goreng.

Pertama haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas dan kunyit. Blender sampai halus. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan lalu masukkan serai, dan daun jeruk. Aduk hingga hingga harum. Lalu masukkan ayam yang sudah dipotong-potong.

Setelah diaduk rata, masukkan dua liter susu dan aduk kembali. Jangan lupa untuk menambahkan penyedap rasa dan garam secukupnya. Tunggu opor termasak sempurna selama 1 jam hingga dagingnya empuk dan bumbu meresap.

Tidak hanya berbagi masakan opor ayam saja. Chef Willgoz pun berbagi resep tambahan, makanan variasi dari opor ayam. Bersama Chef Yuda, mereka membuat pasta menggunakan kuah dan juga lemper rasa opor ayam. Untuk lemper siapkan 300 gram ketan putih, dan 300 ml kuah opor. Siapkan pula 2 batang sereh digeprek, 3 lembar daun salam, garam, dan gula secukupnya.

Untuk isiannya cukup suwir daging ayam yang sudah dipisahkan dari kuahnya, irisan tipis cabai merah, dan bawang goreng. Pertama masak beras ketan menggunakan kuah opor. Tambah sedikit garam di dalamnya agar ketika matang, rasa beras ketannya pas. Menurut Chef Willgoz, waktu memasak ini sekitar setengah jam dengan menggunakan magic com.

Setelah jadi, masukkan ketan ke dalam loyang atau aluminium foil dengan ukuran 15×15 cm. Ratakan dan lapisi di atasnya campuran suwiran ayam dan bawang goreng. Lapisi kembali bagian atasnya menggunakan ketan dan ratakan. Tutup aluminium foil menggunakan plastik dan masukkan ke dalam kulkas agar tekstur lemper lebih padat lagi.

Untuk pasta opor ayam atau fettucine, proses pembuatannya lebih sederhana lagi. Pertama siapkan suwiran ayam dan 300 ml kuah opor . Siapkan pula 200 gram pasta, 300 ml air putih, 2 cabe merah, bawang goreng, jamur tiram, dan daun ketumbar jika suka.

Pertama masak air hingga mendidih lalu masukkan kuah opor. Para chef mencampur kuah dengan air agar hasil akhir masakan tidak terlalu kental. Menurut Chef Yuda, pasta pada dasarnya memiliki gluten yang sifatnya mengental ketika dimasak. Jadi agar tidak terlalu pekat, mereka menyarankan untuk mencampur kuah opor dengan air saat memasak fettucine.

Sesaat setelah memasukkan kuah opor, masukkan pasta dan bahan pelengkapnya yakni potongan cabai, dan suwiran ayam. Masukkan pula cacahan daun ketumbar. Tunggu hingga kuahnya menguap. Jika sudah semakin mendingin, tekstur pasta ini semakin mengental dan creamy.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.