READING

Mendaftar CPNS Dengan Bantuan Jin, Mungkinkah?

Mendaftar CPNS Dengan Bantuan Jin, Mungkinkah?

SURABAYA – Menjadi pegawai negeri sipil adalah profesi yang paling diminati masyarakat Jawa Timur. Tak heran jika informasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 paling diburu saat ini.

Informasi CPNS 2019 bahkan menduduki peringkat teratas daftar pencarian informasi di dunia maya. Tak hanya pencari kerja, pegawai pemerintah yang berstatus kontrak pun ramai-ramai mencari formasi yang sesuai dengan spesifikasinya. “Kalau sudah jadi PNS dijamin tenang sampai tua, dapat pensiun,” ungkap Purwanto, warga Sidoarjo yang menjadi PNS di Surabaya.

baca juga : Sumber Jiput Mata Air Abadi di Kota Kediri

Tingginya keinginan masyarakat untuk menjadi PNS ini membuka peluang praktik tak rasional di kalangan tertentu. Salah satunya adalah jasa meloloskan ujian CPNS menggunakan bantuan jin.

Percaya atau tidak, Purwanto mengklaim jika keberhasilannya menjadi PNS 27 tahun silam salah satunya melalui jalan itu. Dia masih mengingat saat diajak temannya mencari dukun di Banyuwangi, seminggu menjelang pelaksanaan tes. “Saya lupa rumahnya yang mana, tapi di Banyuwangi,” katanya.

baca juga: Sumber Dadapan dan Legenda Ande Ande Lumut

Melalui ritual tertentu, Purwanto dijanjikan bantuan ghaib saat mengerjakan soal tes penerimaan CPNS. Berbekal janji itulah Purwanto mengikuti ujian di Surabaya dengan percaya diri. Dia mengakui jika kemampuan akademiknya tak terlalu menonjol.

Keyakinan Purwanto membuahkan hasil. Saat menerima lembaran soal ujian CPNS dari panitia, dia menemukan bekas tanda centang di salah satu pilihan jawaban. “Saat itu model soalnya pilihan ganda, dan ada seperti bekas centang yang sangat tipis di masing-masing soal. Saya tinggal menebali saja,” katanya.

baca juga : Ekspedisi Wonosalam Sejarah Hitam Perkebunan Kopi Zaman Belanda

Bekas tanda centang itu kemudian diyakini Purwanto sebagai bantuan sang dukun. Sebab dari seluruh soal yang ada, Purwanto mengaku hanya bisa menjawab seperempatnya saja. Lainnya diisi dengan mengikuti tanda centang yang muncul di tiap soal. Hasilnya, Purwanto dinyatakan diterima setelah menyisihkan ribuan pencari kerja yang lain.

Nasib mujur tak dialami Dyan, perempuan asal Surabaya yang meminta bantuan dukun untuk menghadapi soal CPNS. Dyan mengaku meminta bantuan dukun yang dia sebut sebagai guru spiritual di Surabaya. “Saya dibekali secarik kertas yang dilipat dan ditempelkan di alas sepatu. Katanya nama saya sudah muncul di daftar akan yang lolos,” terang Dyan.

Namun berbeda nasib dengan Purwanto yang mendapat petunjuk misterius, Dyan mengaku tak menemukan sedikitpun petunjuk saat mengerjakan soal. Dan hasilnya, dia dinyatakan tidak lolos karena nilainya jelek. Kini Dyan bekerja di salah satu lembaga swadaya masyarakat dan tak pernah mengikuti kembali rekruitmen CPNS. “Mungkin memang bukan takdirnya,” pungkasnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Badan kepegawaian Daerah Pemprov Jatim mengumumkan alokasi kebutuhan formasi Calon Pegawai Negeri Sipis (CPNS) 2019. Informasi itu tertuang dalam surat pengumuman NOMOR: 810/13488/204/2019 (PDF) diteken oleh Sekretaris Daerah selaku Ketua Panselda, Heru Tjahjono di Surabaya pada 11 November 2019.

Tahun ini, Pemprov Jatim membuka lowongan sebanyak 1.817 formasi dalam penerimaan CPNS Jawa Timur 2019 untuk tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Dari 1.817 formasi itu, alokasi lowongan terbanyak adalah tenaga guru, sebanyak 1.133 formasi. Tenaga teknis di urutan kedua dengan kebutuhan 362 formasi, sementara tenaga kesehatan memiliki alokasi 322 formasi.

Penulis & editor : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.