READING

Mengurus KTP di Kabupaten Kediri Kini Lebih Mudah

Mengurus KTP di Kabupaten Kediri Kini Lebih Mudah

KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri mempermudah pengurusan administrasi kependudukan dengan program Sahaja. Dengan sistem ini, pengurusan kependudukan tak harus dilakukan di Kantor Dispendukcapil.

Sahaja yang merupakan akronim dari Satu Hari Saja adalah program layanan administrasi kependudukan yang diluncurkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kediri. “Program ini memungkinkan warga yang tidak bisa ke Kantor Dispendukcapil tetap bisa mendapatkan pelayanan di desanya,” kata Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Dispendukcapil Kabupaten Kediri Randy Agatha, Jumat, 17 Januari 2020.

Dengan program ini, seluruh pelayanan adminitrasi akan dilakukan di desa-desa yang dituju petugas. Adapun jenis pelayanan yang disediakan adalah pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, dan Akta Kematian.

Dalam waktu yang telah ditentukan, petugas Dispendukcapil akan membuka layanan di kantor desa. Masyarakat bisa mengurus kebutuhan administrasi desa di sana, tanpa harus mendatangi Kantor Dispendukcapil. Kondisi geografis Kabupaten Kediri yang luas cukup menyulitkan warga untuk mendatangi kantor Dispendukcapil yang berada di dekat Kantor Bupati.

Tak hanya dekat, program Sahaja juga mempersingkat proses pengurusan administrasi kependudukan. Seluruh jenis layanan memiliki tengat waktu yang ditetapkan untuk selesai. Sehingga hal ini akan memberikan kepastian pengurusan admistrasi kepada warga.

Sejak diluncurkan, program Sahaja ini menarik perhatian masyarakat. Dua kegiatan kunjungan yang dilakukan petugas Dispendukcapil di Desa Ngasem dan Sumberagung banyak diserbu warga. Untuk melayani mereka, sebanyak sembilan petugas disiagakan dengan perangkat kerja masing-masing.

Pemerintah berharap kemudahan layanan administrasi kependudukan ini akan memperluas jangkauan layanan kependudukan kepada warga di pelosok. Sehingga nantinya masing-masing warga Kabupaten Kediri telah memiliki dokumen kependudukan yang sah. (Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.