READING

Menjajal Resep Pangsit Goreng Le Gino Yang Viral

Menjajal Resep Pangsit Goreng Le Gino Yang Viral

Seminggu terakhir dunia maya diramaikan oleh kuliner unik, pangsit goreng Le Gino. Sudah ada puluhan food vlogger yang me-review makanan legend ini. Dari komentar mereka, makanan ini sebenarnya memiliki bumbu dasar yang sama dengan kwetiau goreng, mie goreng, dan bihun goreng. Hanya saja Le Gino menggunakan bahan yang out of the box yakni pangsit yang umumnya direbus.

Orang-orang pun berlomba-lomba datang ke tempat Le Gino untuk menjajal pangsit goreng ini. Dan hampir semuanya menyukainya. Sayang, lokasinya yang berada di Cengkareng, Jakarta Barat membuat banyak orang dari luar daerah hanya bisa ngiler saja melihat video orang-orang yang menikmati pangsit goreng Le Gino ini.

Para chef pun mencoba membantu mengobati rasa penasaran netizen dengan berbagi resep recook dari pangsit goreng ini. Karena hanya recook, ada banyak variasi bahan dan bumbu yang digunakan oleh para chef. Namun hal ini tidak masalah bagi netizen karena hasil recook tersebut dianggap cukup mengobati rasa penasaran mereka terhadap rasa dari pangsit goreng itu sendiri.

Beberapa chef menggunakan bahan-bahan yang cukup lengkap. Ada yang menggunakan isian daging ayam sekaligus daging udang, ada yang menggunakan ayam bumbu yang sudah dimasak sebelumnya, ada yang membuat sendiri kulit pangsitnya, dan ada pula yang menggunakan “sambal rahasia” yang juga sudah dibuat sebelumnya.

Untuk warga net yang ingin mencoba membuat pangsit goreng ala Le Gino untuk dikonsumsi sendiri, mari kita mencoba resep simpel dari Chef William Gozali. Jebolan master chef Indonesia season 3 ini menggunakan bahan-bahan dasar yang semua orang pasti punya. Dia juga tidak segan-segan menyarankan untuk menggunakan kulit pangsit yang beli di pasar dari pada repot buat sendiri.

“Beli aja, jangan sok-sok an bikin. Capek repot,” komentarnya.

Memang tekstur kulit pangsit di pasaran relatif lebih tipis daripada kulit pangsit yang digunakan Le Gino. Makanya Chef Willgoz pun memberikan tips agar kulit pangsit tidak robek ketika di masak. Berikut bahan dan cara membuat pangsit goreng Le Gino yang sedang viral.

Isian pangsit

Siapkan 350 gram ayam cincang. Bisa dibeli di supermarket jadi tinggal pakai. Sisakan 50 gram untuk ditumis secara terpisah. Siapkan pula 120 gram tepung tapioka, satu butir telur ayam, dan tiga siung bawang putih cincang. Untuk perasanya siapkan garam, kaldu ayam, dan gula masing-masing satu sendok teh. Bisa tambahkan satu sendok makan kecap asin agar isian pangsit memiliki rasa yang kuat dan tidak hambar.

Untuk kulit pangsit yang beli di pasar, bisa didobel agar lebih tebal.

Bahan Tumis

Siapkan dua siung bawang putih cincang, satu batang daun bawang dipotong halus, satu telur bebek (bisa diganti telur ayam), setengah ikat caisim (atau sayur hijau lainnya), dan satu genggam taoge. Sedangkan untuk perasanya siapkan dua sendok makan kecap manis, satu sendok makan saus tiram, satu sendok makan kecap asin, dan setengah sendok teh lada. Jangan lupa siapkan 50 ml air dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuat

Campur bahan-bahan isian pangsit menjadi satu. Untuk penggunaan kecap asin dan garam ini disesuaikan dengan selera masing-masing ya. Chef Willgoz memilih menggunakan keduanya agar rasa dari isian ini lebih kuat karena nantinya akan dibungkus kulit pangsit yang rasanya tawar.

Penggunaan telur di bagian isian pangsit, bisa diganti dengan air jika sedang menghemat uang. “Yang ekonominya sedang tidak stabil bisa pake air putih,” jelasnya. Fungsi telur ini sendiri sebenarnya agar adonan nantinya tidak mengeras karena menggunakan campuran tepung tapioka.

Setelah tercampur, letakkan sekitar setengah sendok makan adonan ayam ke dalam setiap lembar kulit pangsit. Jika khawatir sobek karena terlalu tipis, Chef Willgoz menyarankan untuk menggunakan dua lembar sekaligus agar lebih tebal. Jika menggunakan satu lembar, sebaiknya rebus setengah matang saja agar kulitnya tidak terlalu lembek. Toh nantinya pangsit ini akan dimasak kembali dalam tumisan.

Untuk merekatkan kulit pangsit, bisa menggunakan air atau cukup tekan di setiap sudutnya agar tidak terbuka saat direbus. Setelah pangsit sudah siap, rebus di dalam air mendidih hingga mengapung. Usahakan pangsit tidak saling menempel ketika direbus. “Pangsit distancing,” jelasnya sedikit bercanda.

Sambil menunggu pangsit matang, tumis bawang putih dan daun bawang yang sudah dipotong-potong menggunakan sedikit minyak. Setelah harum, masukkan sisa ayam giling yang sudah disisihkan sebelumnya dari bahan isian. “Kalau nggak ada nggak apa-apa,” tambahnya.

Jika daging sudah mulai matang, masukkan telur bebek dan sedikit garam lalu aduk. Lalu masukkan sayur-sayuran dan tumis sampai sedikit layu. Setelah itu masukkan pangsit, dan bahan-bahan perasa yakni kecap asin, kecap manis, saus tiram, dan terakhir lada. Ketika menumis, masukkan air sedikit-sedikit saja agar tidak gosong dan pangsit tidak menggumpal. Setelah tercampur sempurna, siap disajikan. Pangsit goreng Le Gino pun siap disantap.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.