READING

Menyentuh, Pegawai Lapas Kediri Sumbangkan THR Unt...

Menyentuh, Pegawai Lapas Kediri Sumbangkan THR Untuk Korban Corona

KEDIRI – Sudah menjadi tradisi jika salah satu yang paling ditunggu oleh para pegawai menjelang lebaran adalah Tunjangan Hari Raya (THR). Tunjangan ini sangat dibutuhkan keluarga untuk merayakan lebaran.

Namun siapa sangka jika THR yang menjadi hak pegawai Lapas Kediri justru dibagi-bagikan kepada warga yang membutuhkan. Tanpa ragu, mereka menyisihkan sebagian THR yang baru saja diterima untuk diberikan penghuni panti asuhan, warga binaan pemasyarakatan, dan masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Kami sengaja menyisihkan THR petugas Lapas Kediri untuk berbagi kepada adik-adik panti asuhan. Semoga kita semua terselamatkan dari wabah pandemi Covid-19,” kata Pelaksana Tugas Kepala Lapas Kediri Yuyun Nurliana saat memimpin penyerahan THR di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, Mojoroto, Kota Kediri, Rabu 20 Mei 2020.

Plt. Kalapas Kediri Yuyun Nurliana di Panti Asuhan Muhammadiyah

Aksi simpatik para pegawai Lapas Kediri ini pun mengundang haru pengurus Panti Asuhan dan anak yatim di sana. Tak hanya berterima kasih, mereka juga mendoakan Kalapas Yuyun Nurliana dan seluruh pegawai Lapas Kediri yang berbagi.

Yuyun Nurliana menjelaskan pandemi corona ini telah memukul masyarakat yang bekerja di sektor informal seperti tukang becak, tukang parkir, dan polisi cepek. Karena itu usai membagikan bantuan kepada anak yatim di Panti Asuhan Muhammadiyah, Yuyun dan jajarannya bergerak ke jalan membantu mereka. Tak sedikit penarik becak dan tukang parkir di kawasan Kota dan Kabupaten Kediri yang terharu saat menerima bingkisan dari pegawai Lapas.

Aksi yang sama dilakukan di rumah warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang mendapat hak asimilasi rumah dari Lapas Kediri. Mereka menyisir kediaman warga binaan yang kurang mampu untuk memberikan bantuan dari donasi THR yang diterima.

Warga binaan menerima bingkisan petugas Lapas Kediri

Kedatangan pegawai Lapas ini sempat mengejutkan warga binaan. Mereka tidak menduga jika dalam kondisi sulit seperti ini, para pegawai Lapas Kediri masih mengingat mereka untuk berbagi rezeki. “Dengan tulus saya mendoakan Bapak dan Ibu petugas agar diberikan kesehatan, keselamatan dan terhindar dari wabah corona,” ujar Sunoto, salah satu warga binaan bebas asimilasi.

Kedatangan para pegawai Lapas di rumah warga binaan ini berlangsung hangat. Interaksi yang berlangsung lama di antara mereka telah membentuk ikatan emosional kuat seperti keluarga. Selain memberi dukungan moral, pegawai Lapas juga berharap pemberian bantuan ini bisa mencegah mereka melakukan kejahatan kembali.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pegawai Lapas Kediri yang telah menyisihkan THR untuk berbagi. Semoga kita juga dimudahkan dalam mengikuti kontestasi Kawasan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi untuk mendapat predikat WBK,” pungkas Yuyun. (Hari Tri Wasono)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.