READING

Meriahnya Instagramers Berbagi Tips Konten Kreatif...

Meriahnya Instagramers Berbagi Tips Konten Kreatif di Kota Kediri

KEDIRI- Siapa anak muda yang hari gini tidak mempunyai akun instagram?, nyaris semua  menggunakannya. Bahkan tak jarang satu ponsel memiliki lebih dari satu akun instagram. Tidak hanya untuk menyelancari media sosial. Instagram juga menyediakan ruang positif lainnya.

“Kita bisa memanfaatkan instagram untuk mendapatkan banyak hal seperti ilmu, koneksi pertemanan, hiburan, uang, bahkan jodoh, ”ungkap Hardianto, instagramer tersohor dengan akun @boylagi.

Tingginya minat peselancar instagram mendorong pria yang akrab dihujani panggilan Mas Boy itu tertarik membagi pengalamannya tentang cara membuat konten yang menarik. Anak-anak muda, wabil khusus Kota Kediri, diharapkan tidak cukup puas sebagai pengguna pasif.

“Ada tiga tips menjadi instagramers yang sukses,” kata pemilik akun dengan jumlah pengikutnya lebih dari 96 ribu follower tersebut.

Salah satu tips adalah aktif menggunakan akun. Kemudian kreatif dalam membuat konten, dan harus bersifat positif. Yang tidak kalah penting adalah merawata konsistensi agar konten bisa masuk ke “eksplore” akun-akun yang memiliki insight yang sama.

“Jangan sungkan meninggalkan komentar. Tidak hanya scroll dan me-like postingan orang saja, ”katanya saat ditemui di sela-sela acara instatalk IM3 Ooredoo Kamis siang (10/10).

Mas Boy juga mewanti-wanti para instagramers baru tidak menempuh jalan pintas dengan membeli followers atau like.Memang bisa melesatkan jumlah pengikut dan like. Namun tetap akan terdeteksi sistem di instagram.

Akibatnya bukan menjadi eksis. Malah justru akan mendapat peringatan dari instagram. “Bahkan akun bisa terhapus otomatis jika tetap dilakukan. Kan rugi, malah harus mulai dari nol lagi,” beber pria yang mulai menjadi fulltime instagramers sejak Agustus 2018 tersebut.

Manfaat menjadi instagramers menurut Boy tidak bisa langsung dirasakan. Ada proses yang dialui. Misalnya dirinya, butuh perjuangan lebih dari setahun untuk membangun akun. Untuk menjaga semangat posting kontennya tetap menarik, Boy terus mengeksplor keahliannya di bidang fotografi.

People inspiring people itu mutlak. Jadi kita cari inspirasi dari orang lain yang bisa kita jadikan panutan. Misalkan kita melihat foto segelas kopi yang bagus, kita coba praktikkan. Bisa juga melihat-lihat potret pemandangan, makanan atau apapun yang sesuai dengan minat kita,” jelasnya saat ditemui di Gedung A Kampus Polinema PSDKU, Kota Kediri tersebut.

Boy m sendiri lebih menyukai unggahan photo daily dengan membidik benda-benda di sekitarnya. Untuk kebutuhan itu dia cukup memaksimalkan kamera ponsel yang dimiliki. Setiap karya foto yang diposting Boy memberi tekanan pada potret yang simpel namun tetap artistik dan eyecatching.

“Men, Lo nggak perlu ribet pake kamera mahal dan pergi ke tempat-tempat jauh nan mewah buat jadi instagramers. Cukup gunakan ponsel buat motret benda-benda di sekitar Lo. Yang penting tekniknya bener jadi hasilnya bagus,” bebernya.

Bagi yang mencari inspirasi foto-foto artistik silahkan klik akun instagram @boylagi. Disana bertaburan foto unik yang sebenarnya sederhana. Favorit Boy adalah memotret dengan memanfaatkan bayangan genangan air, kaca atau memotret siluet.

Boy juga menyarankan instagramers untuk fokus pada konten yang bisa menjadi ciri khas akun. Hindari penyebaran hoaks, atau mengunggah hal-hal yang bisa memunculkan perpecahan atau keberpihakan pihak tertentu.

“Kalau kita fokus di konten foto seni ya jangan ikut-ikutan mengunggah konten yang berbau politik,” tandasnya. Mas Boy tidak sendiri.  Dalam acara instatalk IM3 Ooredoo hadir pula para konten kreator kawakan macam @madariyanhadi, @skynnymonkey serta instagramer lokal @hyemiisa.

Mereka berpesan bahwa kolaborasi antar sesama instagramers ataupun dengan konten kreator juga diperlukan.

“Hasil konten bisa semakin berbobot, kita juga bisa membangun koneksi mengerjakan membuat proyek bareng,” terang Mada, brand desainer dan konten creator di instagram.

Dalam kegiatan ini terlihat antusiasme kawula muda Kota Kediri tentang instagram cukup besar. Peserta acara instatalk yang diadakan IM3 Ooredoo di Gedung A Polinema PSDKU, Jalan Maskumambang, Kota Kediri membanjir.

Ruangan penuh sesak oleh peserta yang sebagian besar masih berstatus mahasiswa. “Inilah yang menjadi motivasi kami menjadikan Kota Kediri sebagai kota ketiga instatrip tahun ini,” terang Benny Hutagalung, vicep recident Head of Public Relationship, Brand Activation Indosat Ooredoo.

Menurut Benny, anak-anak muda saat ini memang sangat dekat dengan media sosial khususnya instagram. Makanya pihaknya tergelitik untuk mengadakan instatalk dan instameet di Kota Kediri dengan tujuan merangsang muda-mudi Kota Kediri aktif membuat konten positif.

“Anak-anak muda ini harapannya tidak hanya menjadi penikmat saja, tetapi juga bisa membuat konten positif dan berkualitas sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat lebih dari sekedar bersosialisasi saja, ”katanya.

Benny juga melihat komunitas-komunitas di Kota Kediri berkembang cukup pesat. Belum lagi banyaknya tempat instagramable di Kota Kediri maupun Kabupaten Kediri. Atas alasan itu Kota Tahu dipilih menjadi kota ketiga dalam rangkaian instatrip mereka tahun ini.

“Sebelumnya kita di Medan dan Semarang. Dan setelah ini kita ke Manado dan Balikpapan,” bebernya.

Tidak hanya membuat konten positif dan menginspirasi. Benny juga mendorong agar anak-anak muda ini tidak segan melakukan kolaborasi agar bisa berkembang dan belajar lebih cepat.

“Jangan takut dengan konsumsi kuota yang dibutuhkan. Dengan IM3 Ooredoo, kegiatan membuat konten dan bemedia sosial bisa terus berjalan dengan biaya yang terjangkau. Yang terbaru, paket bulanannya dibanderol mulai Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribu bisa dapat 25 GB, ”pungkasnya.

Reporter : Dina Rosyidha
Editor : Mas Garendi

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.