READING

Miliki Harta Rp 21,64 M, di Mata Sahabat Jombang I...

Miliki Harta Rp 21,64 M, di Mata Sahabat Jombang Imam Nahrawi Selalu Tampil Sederhana

JOMBANG- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus suap dana KONI. Selama periode 2014-2019, besar uang suap yang diduga mengalir ke kantong Nahrawi mencapai Rp 26,5 miliar.

Sehari diumumkan sebagai tersangka, Imam Nahrawi langsung berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo, meletakkan jabatan menpora. Lalu seperti apa sosok Imam Nahrawi di mata para sahabatnya?.

KH Ahmad Jauharuddin Alfatich, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ghozali Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang merupakan satu diantara sekian sahabat Imam Nahrawi.

Meski hari ini sang karib kesandung kasus korupsi, pandangan Kiai Jauharuddin terhadap Nahrawi tetap tidak berubah. Di matanya lelaki asal Bangkalan Madura itu tetap terlihat sebagai sosok pejabat negara yang sederhana, rendah hati dan low profile.

“Sosoknya santai dan santun, ini sudah melekat pada pribadi beliau (Imam Nahrawi), ”tuturnya (19/9/2019). Sebelum putranya dititipkan nyantri di Ponpes Bahrul Ulum, Nahrawi sudah memiliki hubungan yang dekat.

Terlebih semenjak putranya menjadi santri, kedekatan itu semakin erat. Di situlah Kiai Jauharuddin bisa melihat langsung kesederhanaan dari seorang pejabat negara.

Begitu juga dengan istri Nahrawi. Sebagai istri menteri tidak pernah terlihat gonta ganti kendaraan. Bahkan  mobil yang dipakai saat ke Jombang selalu sama. Sebelum dan saat suaminya menjadi menteri, tidak pernah berubah.

“Istri Imam Nahrawi menaiki mobil yang sama, tidak berganti baru seiring ganti tahun atau apa, “kenang Jauharuddin. Suatu ketika pihak ponpes pernah berusaha memberi kelonggaran berupa fasilitas yang sedikit beda kepada putra Nahrawi di Bahrul Ulum. Namun tawaran itu langsung ditolak Nahrawi.

“Pak Imam (Imam Nahrawi) mencegah, dia tidak menginginkan itu. Bahkan anaknya pun direlakan untuk tidur beramai-ramai dengan santri lain sepondoknya, ”kata Jauharuddin yang juga Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Jombang.

Kisah serupa disampaikan Amiroh Hikmah, sahabat Imam Nahrawi yang lain.  Amiroh mengatakan mengenal Imam Nahrawi cukup lama. Sejak Nahrawi belum menikah, sampai berkeluarga dan menjadi pejabat negara, Nahrawi tidak pernah berubah.

Selain sederhana dan gemar memberi bantuan,  Imam Nahrawi dan istrinya  juga tidak pernah membeda bedakan dalam pertemanan. Karenanya sebagai sahabat dirinya mendoakan Nahrawi kuat menjalani cobaan hidup.

“Saya kenal Pak Imam sejak sebelum menikah sampai hari ini, semoga terjalin terus silaturrahim dengan keluarganya sampai kapan pun. Beliau baik, sederhana, tidak pernah berubah sejak dahulu sampai sekarang,” ungkapnya.

Seperti diketahui tersangka Imam Nahrawi yang dimata sahabatnya terlihat sederhana itu tercatat  memiliki kekayaan sebesar Rp 21,64 miliar. Catatan kekayaan yang dilaporkan (LHKPN) KPK pada 31 Maret 2018 itu meliputi 12 bidang tanah dan bangunan yang ditaksir senilai Rp 14,09 miliar.

Kemudian empat unit mobil, yakni Toyota Alphard, Kijang Inova, Hyundai dan Pajero Sport yang seluruhnya  senilai Rp 1,7 miliar. Lalu harta bergerak lain senilai Rp 4,6 miliar, surat berharga Rp 463 juta dan kas sebesar Rp 1,7 miliar.

Reporter : Syarif Abdurrahman
Editor : Mas Garendi  

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.