Minuman Ekstrak Mawar Bikin Awet Muda

Katakan dengan bunga, mungkin Mawar adalah salah satu jenis bunga yang disodorkan. Namun, Mawar di Kota Batu tak sekadar dihirup aroma wanginya. Setelah diekstrak dan dijadikan minuman, kesegarannya bisa melepas dahaga dan diklaim bisa membuat awet muda.

BATU – Bunga mawar umumnya digunakan untuk buah tangan tanda sayang pemberian dari sang kekasih. Atau juga bunga yang semerbak harumnya ini biasanya juga dirangkai untuk hiasan dekorasi pernikahan. Tapi di tangan anak-anak muda karang taruna Dusun Kapru, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kecamatan Batu ini bunga-bunga itu menjadi hal lain yang lebih kreatif yaitu dijadikan minuman ekstrak mawar yang selain segar juga kaya akan khasiatnya.

Anggi Aprillia Pratiwi menerangkan, bahwa awal mula minuman ini tercipta dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang pengabdian masyarakat di kampusnya bersama dua kawannya Ayu dan Galang. Anggi yang juga anggota karang taruna memiliki ide ini bermula dari keresahannya melihat permasalahan warga di Desa Gunungsari yang merupakan penghasil bunga mawar di Kota Batu yang kerap merugi. “Kita melihat pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Sura (Hijriah: Muharram) pemesanan selalu anjlok karena tidak ada orang menikah,” ujarnya.

Melihat permasalahan yang menimpa para petani mawar itu membuat Anggi berkolaborasi dengan para pemuda karang taruna untuk mengembangkan minuman ektrak bunga mawar ini agar bisa diproduksi secara masif. Hal ini dilakukan untuk membantu para petani menjual hasil mawarnya dalam bentuk lain selain dijual dalam bentuk bunga. Sehingga para petani tidak lagi bingung saat pesanan mawar anjlok karena bulan-bulan sepi pesanan. “Melihat masalah itu kemudian tim kami mempunyai solusi untuk dijadikan minuman segar. Kemudian kami melatih kawan-kawan karang taruna untuk membuat minuman ekstrak mawar ini,” ungkap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dalam
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Pengabdian Masyarakat saat melakukan proses ekstrasi Mawar. FOTO: JATIMPLUS.ID/Moh. Fikri Zulfikar.

Selain mampu menjadi solusi warga desa, minuman ekstrak bunga mawar ini ternyata juga banyak memiliki kasiatnya. Terlebih dengan kandungan anti aging atau biasa disebut antioksidan di dalam bunga mawar tersebut, minuman yang terbuat dari mawar ini dapat mencegah penuaan dini. “Kasiatnya setelah minum minuman ektrak mawar ini bisa membuat awet muda,” ungkap Anggi.

Septian Adi Kurniawan salah satu anggota karang taruna Desa Gunungsari ini menerangkan cukup antusias mengikuti program yang ditawarkan tim PKM Anggi dan kawan-kawannya dari kampus itu. Karena menurutnya dia dan kawan-kawan karang tarunanya bisa semakin produktif dalam melakukan kegiatan yang positif. “Selain bisa  membantu permasalahan masyarakat, anggota kami juga bisa menambah penghasilan dari minuman sari mawar ini,” ujarnya.

Minuman ekstrak Mawar saat dituang dalam botol kemasan. FOTO: JATIMPLUS.ID/Moh. Fikri Zulfikar.

Setelah dua bulan berjalan, pengembangan minuman sari mawar khas Desa Gunungsari kini terus digarap oleh para anggota karang taruna. Selain pemasaran terus dilakukan, pelatihan-pelatihan pembuatan minuman ini setiap minggu juga digencarkan oleh karang taruna. Sehingga selain anggota, para petani mawar pun bisa mengolah minuman mawar itu di rumahnya masing-masing. “Alhamdulillah berjalan lancar setiap kordinasi dan pelatihan kami,” ungkap pria yang juga sebagai guru ini.

Adi menerangkan terkait proses pembuatannya pun cukup mudah. Mulai dari mengambil ekstrak bunga mawarnya terlebih dahulu dengan cara diuapkan. Kemudian diolah dengan dicampurkan bahan-bahan lainnya seperti air, gula, benzoat, dan pewarna makanan. Setelah minuman sudah jadi, kemudian dikemas dalam botol-botol kecil untuk kemudian dipasarkan. “Sementara produk yang kami beri nama Samaraa ini kami pasarkan melalui digital marketing, yaitu melalui online shop seperti instagram, shopee, hingga tokopedia,” tegasnya. (Moh. Fikri Zulfikar)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.