READING

Minuman Viral Yang Wajib Dicoba Selama Social Dist...

Minuman Viral Yang Wajib Dicoba Selama Social Distancing

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika di rumah saja. Salah satunya adalah masak-memasak. Apalagi beberapa waktu lalu ada banyak menu yang viral dan ramai diperbincangkan warga net. Berikut beberapa minuman yang bisa dicoba di dapur sendiri.

Dalgona coffee

Dalgona coffee sebenarnya adalah minuman kopi biasa. Namun cara membuatnya yang berbeda. Minuman ini menjadi populer setelah salah satu stasiun TV di Korea Selatan menayangkan hasil wawancaranya dengan Jung Il-Woo (salah satu artis Korsel, red) yang mencoba minuman tersebut ketika ke Makau. Dia memberi nama dalgona karena mirip dengan permen spons tradisional Korsel.

Cara membuatnya sebenarnya cukup mudah. Kita hanya perlu menyiapkan dua sendok makan kopi bubuk, dua sendok makan gula pasir, dan dua sendok makan air mendidih. Campur semua bahan, kemudian kocok hingga teksturnya berubah dari cair menjadi buih sepenuhnya.

Proses mengaduk inilah yang membuat sebagian netizen menyerah karena perlu energi yang banyak untuk bisa mengubah tekstur kopi dari cair menjadi foamy. Banyak yang mengocoknya secara manual menggunakan sendok. Namun banyak juga yang memilih menggunakan alat bantu seperti mixer atau whisk (pengocok untuk membuat kue).

Hasil kocokan harus berbentuk busa padat dan tidak ada cairan di dalamnya. Cara penyajiannya yakni dengan menempatkan busa kopi ke atas susu dingin atau susu hangat.

Kopi Kecap

Ada-ada saja eksperimen aneh pecinta kopi. Kali ini kopi dicampur dengan kecap. Banyak netizen yang merasa aneh dengan menu minuman ini karena dinilai tidak rasional. Meski demikian, banyak kemudian masyarakat yang menjadi penasaran dengan rasa akhir yang dihasilkan dari campuran bahan yang “tidak nyambung” ini.

Ternyata respon dari netizen yang sudah mencicipinya cukup positif. Beberapa komentar menyebut kopi susu campur kecap ini seperti caramel dan tetap nikmat untuk dikonsumsi. Tidak harus beli, kita juga bisa mencobanya di rumah loh. Caranya cukup mudah.

Untuk cairan gula, siapkan 5 sendok makan gula aren dan 5 sendok makan air. Sedangkan cairan kopinya cukup siapkan 3 sendok teh kopi bubuk dan 10 sendok makan air. Cairan gula dan cairan kopi ini buatlah secara terpisah terlebih dahulu.

Untuk membuat satu gelas kopi, ambil  satu sendok makan cairan gula aren, dua sendok makan kecap manis, empat sendok makan cairan kopi, susu cair secukupnya, dan es batu secukupnya. Aduk rata. Jadi, berhasil atau tidak hasil eksperimenmu?

Es Krim Vienetta

Es krim ini sebenarnya produk lama dari salah satu produsen es krim. Namun produksinya tiba-tiba dihentikan. Padahal saat itu es krim ini tengah menjadi primadona anak-anak 90-an. Setelah diproduksi kembali, banyak netizen yang kemudian membahasnya kembali. Ternyata es krim ini bisa dibuat sendiri loh di rumah.

Bahan es krim ala-ala vienetta cukup simple. Siapkan 1 sachet es bubuk es krim instan rasa coklat dan vanila, 300 cc susu cair dingin dibagi dua bagian, dan coklat cair secukupnya. Cara membuatnya, campur bubuk es krim rasa vanila dengan 150 cc susu cair. Aduk menggunakan mixer hingga mengembang dan padat.

Kunci pentingnya, susu yang digunakan harus dingin agar hasil adukan bisa padat. Lakukan hal yang sama untuk campuran susu dingin dengan bubuk es krim rasa cokelat. Siapkan loyang berbentuk kotak  dan lapisi dengan kertas roti. Masukkan campuran adonan tadi secara berlapis. Bisa lapisan coklat dulu atau vanilla. Lakukan berselang-seling.

Simpan di dalam freezer selama satu jam. Setelah itu keluarkan es krim dari loyangnya. Es krim pun siap dinikmati.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.