READING

Mudahnya Resep Kuah Susu Sop Kambing Ibukota

Mudahnya Resep Kuah Susu Sop Kambing Ibukota

Sop kambing bukanlah sop yang umumnya berkuah bening serta berlimpah sayuran.

KEDIRI- Kuah sop kambing atau sop kaki kambing itu angklek litrek litrek. Nyaris selalu kental dengan warna kuning mentah semu kemerahan. Ada irisan kecil tomat dan potongan kentang yang tidak senantiasa mengambang. Juga taburan bawang merah goreng serta daun bawang.

Bagaimana cita rasanya?. Hmm, sangat gurih. Gurih susu yang menendang lidah. Segurih kuah soto betawi yang juga memakai racikan susu atau santan. Sampai sampai ada yang bilang, jika tidak peka akan sulit membedakan, mana kuah sop kambing, dan mana soto betawi. Sebab sama sama gurihnya. 

“Berbeda dengan ciri sop yang berkuah bening, sop kaki kambing berkuah kental karena memakai susu (kadang kadang juga santan) yang sangat gurih, “tulis Bondan Winarno dalam kumpulan catatan “100 Maknyus Jakarta”.

Baca Juga : https://jatimplus.id/resep-paling-praktis-memasak-sop-daging-sapi/

Isi sop kambing tidak hanya didominasi potongan daging kambing, yakni daging yang diiris kecil kecil lalu dimasak bersama kuah. Ada juga bagian kaki, paru, lidah, pipi, dan usus. 

Semua jeroan kambing tersebut biasanya ditempatkan terpisah dan dipilih sesuai selera. Bagi penyuka torpedo biasanya akan menambahkan sendiri potongan buah zakar kambing itu ke dalam kuah. Begitu juga untuk yang menggemari otak. 

Baca Juga : https://jatimplus.id/langsung-disimpan-kulkas-daging-justru-menjadi-alot-ini-tips-yang-benar/

Sop kambing sangat populer di Jakarta. Keberadaanya menyebar di ruas jalan ibukota. Biasanya berada pinggir jalan dengan tempat bersetting tenda tenda. 

Baca Juga : https://jatimplus.id/idul-adha-ini-dia-resep-memasak-tengkleng-juara/

Saking populernya, sop kambing seringkali diidentikan sebagai kuliner khas Betawi. “Tetapi, sebetulnya hampir semua pedagang sop kaki (kambing) di Jakarta berasal dari Banten Selatan, “kata Pak Bondan (100 Maknyus Jakarta).

Di Kota Kediri, keberadaan sop kambing tidak banyak. Salah satu yang bisa dikunjungi adalah di ruko timur jalan Kapten Tendean, Kelurahan Tosaren, Kecamatan Pesantren.

Baca Juga : https://jatimplus.id/memburu-sate-satak-di-kaki-gunung-kelud-kediri/

Harganya cukup lumayan di kantong. Namun setidaknya sesuai dengan cita rasa yang didapat. Kalau ingin lebih berhemat tentu bisa meraciknya sendiri. 

Berikut racikan resep sop kambing yang diramu dari berbagai sumber :

Bahan :

1 kg daging kambing campur kaki, paru, lidah, pipi dan usus
1/2 liter susu sapi segar atau susu kemasan full cream
3 sdm minyak samin atau ghee (purifield batter)
2 butir kentang rebus
2 butir tomat
2 batang daun bawang
Bawang merah goreng
Emping melinjo digoreng

Bumbu :

4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdt bubuk kayu manis
2 sdt bubuk pala
5 butir cengkih
1 sdt merica
Garam dan gula secukupnya

Cara:

– Daging dan jeroan kambing dipotong potong, direbus dengan sedikit garam, daun salam dan serai. Jangan memasak jeroan bersama daging. Angkat daging dan jeroan, tiriskan, potong dalam ukuran lebih kecil.
– Kaldu rebusan daging ditambah air hingga mencapai volume 2 liter.
– Haluskan bawang merah, bawang putih, kayu manis, pala dan merica. Tumis bumbu, lalu masukkan ke dalam kaldu. Masak kaldu, dengan menambahkan cengkih dan merica. Bagi yang suka bisa ditambahkan 2-4 butir kapulaga.
– Masukkan susu ke dalam rebusan. Setelah mendidih, tambahkan minyak samin atau ghee. Sesuaikan rasa dengan sedikit garam dan gula.
-Atur potongan daging dan jeroan kambing, irisan kentang dan tomat, siram dengan kuah. Suguhkan dengan taburan rajangan daun bawang dan bawang merah goreng. Toppingnya adalah emping melinjo goreng.

Silahkan dicoba ya. (Mas Garendi)

print

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.