READING

Mudik? Ini Penitipan Anjing dan Kucing di Kediri

Mudik? Ini Penitipan Anjing dan Kucing di Kediri

Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Bagi Anda yang harus keluar kota Kediri untuk mengunjungi sanak saudara, tak perlu risau dengan binatang peliharaan bila tak mungkin diajak. Tersedia tempat penitipan anjing dan kucing kesayangan di Kota Kediri.

Angel, salah satu staf Kaki Empat Pet Care sedang melayani langganannya. Pet shop ini melayani penjualan pakan anjing dan kucing beserta perlengkapannya. Juga melayani grooming. Menjelang Lebaran, Kaki Empat Pet Care juga melayani penitipan anjing dan kucing.

“Kami menyediakan beberapa merek catfood dan dogfood yang dititipkan di sini. Tergantung kebiasaan mereka apa,” kata Angel. Ia menyebut beberapa merek terkenal yang akan menjadi asupan binatang kesayangan ketika dititipkan di pet shop yang berlokasi di Jl. Tembus Kaliombo, Kecamatan Kota. Hanya ia menyarankan untuk membawa sendiri makanan yang biasa dimakan agar tidak mencret.

Selama dititipkan, akan dirawat dengan baik. Selain pakan, minuman berupa air mineral sehingga terjamin kesehatannya. Ada perlakuan khusus agar tetap sehat yaitu anjing/kucing dikeluarkan rutin untuk berjemur.

Anjing dan kucing akan dijemur rutin agar tetap sehat dan tidak stres.
FOTO: JATIMPLUS.ID/Titik Kartitani

Kucing menempati ruangan yang luas dengan masing-masing terdiri dari 6 kucing/ruang. Masing-masing kucing diletakkan di dalam kandang. Sesekali dilepas agar tidak stres. Di sini tersedia 3 ruang ukuran 3x4m untuk kucing di lantai 2.

Sedangkan penitipan anjing, di lantai 3 berupa petak-petak kandang. Anjing yang dititipkan diletakkan per kandang, tidak dicampur. Kecuali untuk anjing yang memang serumah dan sudah akur.

Perlakuan lainnya, tiap minggu ada grooming baik anjing dan kucing. Menurut Angel, grooming ini bebas bea, termasuk layanan.

“Kalau misal dititipkan 3 minggu di sini, maka di-grooming tiga kali,” tambahnya. Hari ini (31/05/2019) sudah mulai ada beberapa yang menitipkan. Pet shop ini membuka diri kapan saja bagi yang ingin menitipkan. Mereka hanya tutup satu hari, 5 Juni 2019, lainnya tetap buka. Meski tutup, binatang kesayangan yang dititipkan di sana tetap ada yang menjaga.

“Setelah dititipkan di sini, pulangnya untuk anjing akan dapat vaksin antikutu,” tambah Angel. Biasanya pet shop ini akan penuh saat Lebaran. Tahun lalu, lebih banyak yang menitipkan kucing.

Selain di Kaliombo, My Hobby Pet Shop di Jl. Patiunus, Kota Kediri. Sama seperti pet shop lainnya, My Hobby menjual pakan dan perlengkapannya. Untuk penitipan bekerjasama dengan cabangnya di Rejomulyo Pet Hotel.

“Ini juga karyawan sini yang pegang,” kata Fiani, salah satu staf My Hobby Pet Shop. Mereka memberikan layanan antar jemput, obat cacing, dan vitamin. Sedangkan grooming ada tarifnya sendiri yang akan didiskusikan lebih lanjut.

Rata-rata pet shop memasang tarif penitipan untuk kucing Rp 30.000/hari. Sedangkan anjing, antara Rp 30.000 hingga Rp 60.000/hari tergantung dari berat badan. Semakin besar anjing, semakin tinggi ongkosnya karena asumsinya, pakannya pun semakin banyak. Selain itu juga perawatannya lebih ekstra.

Kandang-kandang anjing yang sudah disiapkan untuk menunggu penginap.
FOTO: JATIMPLUS.ID/Titik Kartitiani

Print Friendly, PDF & Email

Titik Kartitiani

sunset lover, traveler, writer, and fulltime dreamer :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.