READING

Mumpung Diskon, Manfaatkan Rail Express Untuk Kiri...

Mumpung Diskon, Manfaatkan Rail Express Untuk Kirim Barang Tanpa Hambatan

Selama pandemi COVID-19, PT KAI semakin mengoptimalkan jasa pengiriman barang melalui Rail Express. Mengingat sebentar lagi HUT ke-75 RI, perusahaan milik negara ini memberikan diskon untuk setiap pengiriman yakni sebesar 17 persen. Potongan harga dapat dinikmati mulai tanggal 8 hingga 31 Agustus 2020 mendatang.

Ixfan Hendriwintoko, Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun menjelaskan bahwa tarif yang tercantum di dalam aplikasi di loket pengiriman merupakan tarif yang telah didiskon. Diskon tersebut berlaku untuk setiap transaksi tanpa dikenakan minimum berat angkutan. Selama periode diskon HUT RI, ketentuan diskon lainnya tidak berlaku.

“Untuk informasi tarif secara lengkap, silahkan datang langsung ke loket Rail Express di stasiun atau melalui kontak 0822-4479-9181,” tambahnya.

Rail Express ini merupakan produk jasa pengiriman barang yang dikelola oleh PT KAI menggunakan Kereta Bagasi yang dijalankan khusus sebagai KA Parcel One Night Service (ONS) dengan kapasitas 250 ton, maupun dirangkaikan pada KA Barang Hantaran Potongan (BHP) dengan kapasitas 10-20.

Dengan adanya Rail Express ini, masyarakat bisa mengirimkan barang lebih aman, cepat, mudah dan murah mengingat kereta api memiliki jalur rel khusus. “Jadi waktu pengiriman lebih efisien karena tidak ada hambatan selama di perjalanan,” jelasnya.

Jasa pengiriman barang melalui Rail Express ini telah menjangkau hampir semua stasiun besar di Pulau Jawa. Seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, dan masih banyak kota tujuan lainnya. Sedangkan di wilayah Daop 7 Madiun Loket Rail Expres sada di stasiun Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar.

“Masyarakat bisa mengirimkan barangnya ke mana saja karena jasa kargo ini telah menjangkau 60 stasiun di seluruh penjuru Pulau Jawa,” tandasnya.

Syarat dan ketentuan pengiriman yang diberlakukan yaitu barang harus dikemas dengan baik dan benar sesuai dengan jenis barang tersebut. Barang diberi tanda atau petunjuk informasi barang (nama, alamat dan nomor telepon pengirim & penerima barang) serta keterangan perlakuan terhadap barang. Ketentuan berat minimum pengiriman barang sebesar 5 kg.

“Jika berat barang kurang dari 5 kg akan dikenakan tarif sesuai berat minimum 5 kg,” bebernya.

Sedangkan barang yang bisa dikirimkan bisa berupa dokumen, hewan air, sepeda, sepeda motor, produk UMKM, produk industri dan e-commerce. Untuk pengiriman hewan, hewan wajib menggunakan standar petcargo/petcarrier/kennelbox sesuai jenis hewan yang dikirim dan segala akibat yang terjadi atas hewan yang dikirim (cacat, mati dan lain sebagainya) menjadi tanggung jawab pengirim sepenuhnya.

“Namun selama masa pandemi covid-19 ini, pengiriman hewan belum dapat dilakukan, kecuali pengiriman ikan hidup,” tegasnya.

PT KAI tidak menerima pengiriman barang berharga seperti surat atau dokumen berharga bernilai uang, uang tunai (rupiah maupun mata uang asing), perhiasan, dan sejenisnya. Juga barang yang berbahaya dan terlarang seperti narkotika, barang beracun, mudah meledak, dan berpotensi merusak barang lainnya, serta dokumen ilegal.

“Pelanggan bisa mengurus pengiriman di stasiun asal paling lambat 2 jam sebelum KA berangkat dan waktu pengambilan barang di stasiun tujuan paling lambat 12 jam setelah KA tiba,” lanjut Ixfan.

Sejauh ini Rail Express telah banyak mengirimkan produk-produk pangan maupun non pangan dari beberapa wilayah di Daop 7 Madiun. Seperti komoditas bawang merah dari Nganjuk, produk olahan tahu susu dari Kertosono, dan telur serta ikan koi dari Blitar. “Mumpung sedang diskon, silahkan dimanfaatkan untuk mengirim logistik sesuai kebutuhan,” pungkasnya. (Dina Rosyidha)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.