Naik Kereta Api Gratis, Ini Caranya

MADIUN – Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka kesempatan warganya untuk naik kereta api secara gratis. Penawaran ini berlaku menjelang dan sesudah lebaran dengan rute wilayah Jawa Timur.

Manager Humas Daop 7 PT Kereta Api Indonesia Ixfan Hendriwintoko mengatakan layanan kereta api gratis ini berlaku hanya untuk rute di dalam Jawa Timur. Sebanyak 9.150 tempat duduk disediakan untuk masyarakat Jawa Timur yang akan mudik pada lebaran nanti. “Ini kerjasama PT KAI dengan Pemprov Jawa Timur,” terang Ixfan kepada Jatimplus.id, Jumat 29 Maret 2019.

Sebanyak 10 perjalanan kereta api dengan berbagai relasi disediakan PT KAI untuk mengangkut masyarakat Jawa Timur pada lebaran mendatang. Terdiri dari KA Dhoho relasi Surabaya – Blitar lewat Kertosono sebanyak 4 perjalanan, KA Penataran relasi Surabaya – Blitar lewat Malang sebanyak 4 perjalanan, dan KRD relasi Surabaya – Kertosono sebanyak 2 perjalanan.

baca juga: Cara Kreatif Caleg Anti Politik Uang

Kereta api tersebut, menurut Ixfan, akan mulai beroperasi pada waktu tertentu. Keberangkatan angkutan mudik gratis untuk KA Dhoho dan Penataran dimulai dari tanggal 28 Mei 2019 (H-8) sampai dengan 04 Juni 2019 (H-1). Sedangkan KRD dimulai tanggal 31 Mei 2019 (H-5) sampai dengan 04 Juni 2019 (H-1).

Demikian pula jadwal balik yang telah ditentukan PT KAI untuk mengatur perjalanan kereta api.  Kereta Api Dhoho dan Penataran mulai berangkat dari tanggal 07 Juni 2019 (H+1) sampai dengan 12 Juni 2019 (H+6). Sedangkan untuk KRD dimulai tanggal 07 Juni 2019 (H+1) sampai dengan 11 Juni 2019 (H+5).

Menurut Ixfan, kapasitas penumpang yang diangkut dalam perjalanan balik ini sama persis dengan waktu mudik. Sepuluh perjalanan kereta api disiapkan, terdiri dari KA Dhoho relasi Blitar – Surabaya lewat Kertosono sebanyak 4 perjalanan, KA penataran relasi Blitar – Surabaya lewat Malang sebanyak 4 perjalanan, dan KRD relasi Kertosono – Surabaya sebanyak 2 perjalanan.

baca juga: Menggugat Bonus Palsu PSSI

Bagi masyarakat yang berminat memanfaatkan jasa transportasi kereta gratis ini bisa memperhatikan persyaratan yang ditetapkan PT KAI sebagai berikut :

  1. Pemesanan tiket hanya dapat dilakukan di stasiun online yang dilewati KA Mudik Balik Gratis.
  2. Pemesanan tiket mudik balik gratis di mulai dari jam 09.00 WIB – 16.00 WIB.
  3. Untuk pemesanan tiket KA Penataran, Dhoho, Tumapel dan Ekonomi Lokal bisa dilakukan H-7 atau mulai pada tanggal 21 Mei 2019.
  4. Untuk pemesanan di stasiun, wajib mengisi form pemesanan yang telah disediakan di setiap stasiun dimana mengisi nama penumpang dan identitas penumpang
  5. Satu pemesan maksimal 4 tiket.
  6. Tiket tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain.
  7. Tiket KA mudik dan balik gratis tidak bisa dipesan melalui aplikasi KAI Access, internet maupun channel eksternal lainnya.

Ixfan berharap masyarakat akan memanfaatkan jasa transportasi gratis ini untuk menekan kepadatan lalu lintas selama lebaran. Dia menjamin jika layanan kereta api saat ini telah lebih baik dan nyaman bagi penumpang. (Hari Tri Wasono)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.