READING

New Normal, Petugas Damkar Tetap Sterilkan Jalan

New Normal, Petugas Damkar Tetap Sterilkan Jalan

KEDIRI – Kehadiran Pemerintah Kota Kediri untuk bersama-sama memerangi wabah Corona sangat berarti. Selain berbagai bantuan sembako, aksi menyemprot jalan dengan disinfektan cukup membuat warga tenang.

Penyemprotan desinfektan di jalan protokol Kota Kediri ini dilakukan pemerintah sejak pandemi melanda. Tak hanya membersihkan lingkungan dan virus, upaya ini sekaligus menyadarkan masyarakat bahwa pandemi masih berlangsung.

“Meski grafik pasien Covid-19 belum menunjukkan penurunan, namun masyarakat agaknya mulai kurang waspada,” kata Kabid Manajemen dan Angkutan Dishub Kota Kediri, Bambang Trilasmono. Karena itu penyemprotan disinfektan di beberapa ruas jalan Kota Kediri masih terus dilakukan sejak bulan Mei hingga kini.

Penyemprotan ini dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran yang memiliki peralatan pendukung. Saat perintah menyemprot turun, mereka dengan sigap telah berada di jalanan untuk memberantas virus. “Kalau awal-awal seminggu bisa 2 kali, tapi di Bulan Juni ini seminggu sekali,” kata Fanni Eryanto, Kepala UPT Damkar Kota Kediri.

Menyemprot jalan memang bukan tugas utama petugas pemadam kebakaran. Hal ini pula yang menimbulkan reaksi beragam warga saat melihat petugas damkar menyemprot jalan. Tak sedikit masyarakat menganggap hal tersebut aneh. Apalagi acap kali penyemprotan dilakukan usai hujan turun. “Tujuan utama tetap untuk mengingatkan masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan,” kata Fanni.

Dia sudah merasa bersyukur saat menerima apresiasi warga atas upaya yang dilakukan. “Meski hanya bilang mantab,” katanya tertawa. (pro/Hari TW)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.