READING

Olahan Daging Kurban Menjadi Beef Steak Homemade M...

Olahan Daging Kurban Menjadi Beef Steak Homemade Mudah Dan Murah

Setiap tahun Umat Islam merayakan Idul Adha. Selain melaksanakan salat id, biasanya kita mendapatkan daging kurban jika ada yang berkurban di sekitar lingkungan tempat tinggal. Dari sekian banyak jenis menu yang bisa dibuat, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat steak ala-ala restoran. Meski terlihat fancy, cara membuatnya ternyata mudah dan bahan-bahan bumbunya relatif murah lho.

Puguh Kristanto, salah satu influencer di bidang masak-memasak berbagi resep memasak steak hanya dengan biaya Rp 11 ribu saja (tidak termasuk dagingnya ya). Ada setidaknya tiga bahan utama yang perlu dibuat yakni mengolah dagingnya, menyiapkan sausnya, dan menu sampingan, Menu tambahan ini berupa rebusan brokoli, wortel, dan kentang goreng. Namun demi mendekati menu steak ala restoran, Puguh membuat potato wedges yang cara membuatnya cukup mudah.

Untuk menu sampingan ini, Puguh cukup menyiapkan beberapa buah kentang, air, dan tepung bumbu krispi serbaguna. Pertama cuci kentang sampai bersih. Gosok bagian kulitnya agar tidak ada sisa tanah di sana. Youtuber asal Mojokerto, Jatim ini memilih untuk tidak mengupas kentang agar sama dengan menu di restoran.

Potong kentang menjadi empat bagian atau sesuai ukuran yang diinginkan. Lalu rebus dalam air dan beri sedikit garam. Rebus sampai kentang menjadi empuk. Setelah itu tiriskan. Siapkan tepung bumbu krispi dan tambahkan sedikit air. Buat adonan yang sedikit encer, lalu masukkan potongan kentang. Goreng potongan kentang tersebut hingga kecoklatan dan teksturnya krispi.

“Jika tidak ingin repot, bisa diganti dengan kentang goreng biasa saja,” terang youtuber dengan 1,6 juta subscriber ini.

Cara membuat brown sauce steaknya pun cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan adalah satu sendok makan mentega, seperempat bagian bawang bombay, dan satu sendok makan bawang putih bubuk (bisa diganti bawang putih cincang). Siapkan juga 3 sendok makan saus sambal botol (bisa diganti dengan saus tomat, saus barbekyu, saus piza, atau saus spageti botol), 1 sendok makan saus tiram, dan setengah sendok makan kecap manis. Jangan lupa siapkan garam, gula, lada, penyedap rasa, dan air secukupnya.

Cara membuatnya, pertama panaskan mentega. Tumis bawang bombay dan bawang putih (jika tidak menggunakan bentuk bubuk) hingga harum. Masukkan saus sambal, saus tiram, dan kecap manis. Jika ingin lebih kental bisa masukkan larutan tepung maizena, jika tidak cukup tambahkan sedikit air. Terakhir masukkan garam, gula, lada, dan penyedap rasa. Cek rasanya sebelum diangkat.

“Masak di api kecil saja yang penting semua tercampur rata,” tambahnya.

Sedangkan untuk dagingnya, Puguh menggunakan 100 gram daging sapi. Pertama bersihkan daging dan belah menjadi dua bagian (bisa disesuaikan dengan selera masing-masing). Taburi daging menggunakan bawang putih bubuk, lada, dan garam. Jika ingin menggunakan lada hitam lebih bagus lagi. Diamkan minimal lima menit agar bumbu lebih meresap ke dalam daging.

Siapkan dua siung bawang putih yang sudah digeprek, dan mentega secukupnya. Pertama nyalakan kompor, taruh teflon atau pemanggang di atas api dan tunggu sampai panas. Setelah itu masukkan mentega dan bawang putihnya. Panggang daging sampai matang atau well done. Tingkat kematangan ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya.

Sajikan steak di atas piring berikut potongan sayur rebus, potato wedges, dan sambalnya. Beef steak homemade pun siap disantap.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.