READING

Omelet Rendang ala Gordon Ramsay. Seperti Apa Rasa...

Omelet Rendang ala Gordon Ramsay. Seperti Apa Rasanya?

Aksi memasak Gordon Ramsay yang tayang dalam Uncharted Season 2 dari National Geographic (Natgeo) menarik perhatian publik Indonesia. Kedatangannya ke Sumatera Barat (Sumbar) beberapa waktu lalu diisi dengan kegiatan belanja bahan makanan di pasar, memasak rendang dan berpetualang. Di luar tayangan Natgeo yang dirilis tanggal 29 Juni, Ramsay ternyata bereksperimen membuat telur dadar rendang.

Percobaannya ini ditayangkan secara terpisah di kanal youtubenya. Hingga tulisan ini dibuat, video berdurasi lebih dari delapan menit ini telah ditonton hampir 900 ribu kali. Warga net pun penasaran seperti apa omelet rendang yang dibuat Ramsay. Pasalnya selama ini masyarakat hanya menikmati bumbu rendang yang dimasak bersama daging saja.

Ramsay pun menayangkan langsung proses memasaknya. Pertama, chef asal Inggris ini mengiris tipis empat siung bawang merah dan tiga siung bawang putih diikuti dengan mencincang dua cabai merah. Ketiganya ditumis menggunakan satu sendok makan minyak sayur. Tidak lupa dia tambahkan sejumput garam.

Proses pembuatan dadarnya sendiri cukup berbeda dari biasanya. Kali ini Ramsay menggunakan banyak rempah-rempah ketika membuat omelet. Dia menggunakan jahe dan lengkuas yang diiris tipis, dan dua lembar daun jeruk purut. Ketiganya ikut ditumis bersama dengan bahan yang sudah dimasukkan ke wajan sebelumnya. Ramsay juga memasukkan ikan teri yang sudah dicincang halus. Ketika tumisan bumbu semakin harum, dia mengambil rempah-rempah yang ada di dalam wajan.

Selama memasak, Ramsay tidak henti-hentinya memuji rempah-rempah Indonesia yang sangat harum, segar, dan mempesona. “Its so beautiful, really beautiful, and incredibly fragrant,” terangnya berkali-kali sambil memasak.

Sambil menunggu aroma bumbu semakin mengudara, Ramsay pun mengocok empat butir telur bebek di dalam mangkok. Karena ingin mendapatkan rasa yang sangat pedas, pria ini menambahkan pasta (sambal) cabai merah dan pasta cabai hijau secukupnya. Campuran telur tersebut kemudian ia orak-arik di atas teflon bersama dengan tumisan bumbu.

Saat hampir matang, Ramsay pun meratakan permukaan omeletnya dan meletakkan bumbu rendang di atasnya. Setelah merata, omelet kemudian digulung dan diletakkan di atas piring saji. “It tastes f***ing delicious, rich, spicy, and authentic,” ungkapnya saat mencoba omelet buatannya.

Melihat banyaknya rempah-rempah yang digunakan Ramsay mengundang banyak tanya dari para netizen. Mereka penasaran seperti apa rasanya karena biasanya mereka cukup menambahkan garam saja ketika membuat telur dadar. “Telornya sendiri dah dicampur jahe sama lengkuas. Seumur-umur ga pernah bayangin telor dadar dikasih 2 rempah itu,” komentar @chomielmingki.

Tidak hanya itu, menurut warga net yang mengaku asli Sumbar, bumbu rendang yang digunakan Ramsay dianggap terlalu banyak. Padahal bumbu rendang sendiri telah dimasak menggunakan banyak rempah-rempah. Jika dimasukkan di dalam telur dadar ala Ramsay jelas memiliki rasa yang over.

“Sebagai orang minang, aku sudah bisa membayangkan rasanya. Telur itik aja rasanya sudah lebih strong dari telur ayam. Ditambah bumbu rendang sebanyak itu. Harusnya bumbu rendang (sedikit saja) dicampur dengan telurnya ditambah irisan bawang dan daun kunyit, digoreng dengan minyak kelapa,” cuit @HafizSP2.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.