READING

Pasca Dipromosikan Walikota via Instagram, Omset U...

Pasca Dipromosikan Walikota via Instagram, Omset UMKM Melonjak

KEDIRI – Upaya Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar mempromosikan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ternyata berdampak signifikan. Beberapa pelaku usaha yang produknya di-endorse Mas Abu via instagram mengalami kenaikan omset. Produk yang mengalami kenaikan cukup beragam mulai dari tanaman hias hingga makanan.

Salah satu yang merasakannya adalah Sheylla Septina Margaretta. Pemilik akun instagram @justsheplant ini mengaku penjualannya naik secara signifikan pasca dipromosikan walikota. Di awal usahanya akhir Maret lalu, ada sekitar 3-5 pesanan yang diterima.

Akun @justsheplant pun mengalami lonjakan tepat saat Mas Abu mempromosikan produk tanamannya melalui instastory @abdullah_abe pada tanggal 21 Mei. Dampaknya ada tambahan sekitar 150 pengikut yang bergabung di akun @justsheplant. Penambahan ini pun berdampak pada kenaikan penjualan produk.

“Saya bekerjasama dengan suami. Saya menerima orderan, suami saya yang mengantar ke pemesan,” terangnya.

Bersama sang istri, Ferry Silviana, Mas Abu kembali melakukan promosi melalui live instastory pada tanggal 11 Juni lalu. @justsheplant pun kembali mengalami peningkatan pengikut hingga mencapai 1500 akun. Orderan pun meningkat sekitar 10- 15 pesanan per hari. “Alhamdulillah semakin banyak pesanan. Hanya saja harga produk saya mulai naik. Tapi orang tetap beli karena semakin percaya pada brand @justsheplant,” tambahnya.

Sheylla sebenarnya iseng-iseng saja memulai usahanya ini. Berawal dari kebijakan work from home dan learn from home selama wabah, Sheylla harus mengajar virtual dari rumah. Waktunya di rumah pun semakin banyak sehingga dia mencoba membuat akun @justsheplant untuk berjualan tanaman hias. Tanaman dia dapatkan dari petani. Lalu ia beri sentuhan dengan menatanya dalam pot yang lebih menarik atau memberinya rambatan agar kelihatan estetik.

“Sebenarnya tinggal ditambah sedikit sentuhan. Karena dari petani hanya seadanya jadi kurang menarik. Alhamdulillah banyak konsumen yang tertarik dan senang dengan produk saya,” tandasnya.

Hal yang sama juga dirasakan Hanisah Anggayati, pemilik akun @salad.hans. Ia berjualan salad buah melalui platform instagram, GoFood, dan GrabFood. Hanisah juga merasakan perubahan sejak diendorse Mas Abu pertama kali. Bahkan penjualannya bisa meningkat hingga enam kali lipat. “Saat itu menjelang lebaran, jadi banyak yang order hamper. Awalnya pesanan sekitar lima lah ya. Semenjak di-repost meningkat 30 per hari lho,” curhatnya bahagia.

Tingginya jumlah pesanan membuat perempuan yang akrab disapa Hani ini harus wira-wiri mengantarkan hampers ke alamat tujuan. Pesanan tidak hanya berasal dari Kediri namun juga dari luar kota seperti Mojokerto bahkan hingga Jakarta. Pesanan terus mengalir mulai malam takbiran hingga H+5 lebaran. “Mereka pesan dari luar kota tapi tujuannya untuk keluarga di Kediri. Jadi saya mengantar hanya seputaran Kediri saja,” bebernya.

Kini pesanan salad buah milik Hani masih terus laris manis karena banyak orang yang enggan keluar rumah. “Terima kasih banyak telah dibantu oleh Pak Wali. Semoga UMKM lainya semakin membaik seperti saya,” harapnya.

Sementara itu, Mas Abu merasa gembira dengan kabar perkembangan UMKM Kota Kediri di era new normal ini. Walikota muda ini cukup optimis bisa ikut membantu menggerakkan kembali perekonomian melalui upayanya berpromosi via instagram karena saat ini akun miliknya memiliki sekitar 46,8 ribu pengikut.

“Promosi ini tanpa anggaran apapun, jadi sangat efektif dan murah. Mari kita usahakan beli produk lokal. Semoga UMKM bisa segera bangkit pasca pandemi ini”, pungkasnya. (pro/Dina Rosyidha)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.