READING

Pasien Covid-19 Yang Sempat Hilang di Tulungagung ...

Pasien Covid-19 Yang Sempat Hilang di Tulungagung Sembuh

TULUNGAGUNG – Pasien pertama yang terjangkit Covid-19 di Kabupaten Tulungagung akhirnya sembuh. Saat ini dia sudah berkumpul dengan keluarganya setelah menjalani karantina di Rusunawa Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Pasien laki-laki berinisial AH, 30 tahun ini dinyatakan sembuh setelah hasil swab menunjukkan negatif. Dia terkonfirmasi positif pada 29 Maret 2020 dan menjalani perawatan di RSUD Dr. Iskak Tulungagung. “Hasil swab kedua dan ketiga pasien ini semua negatif, sehingga sesuai prosedur penanganan COVID-19 dinyatakan sembuh dari corona virus,” kata Sekretaris Posko Penanganan Covid-19 Tulungagung, Didik Eka.

Didik Eka menjelaskan jika saat ini AH sudah berada di rumah kontrakannya di Kelurahan Jepun, Tulungagung. Ia meminta kepada masyarakat untuk tak takut lagi berkomunikasi dengan AH dan keluarganya. Meski tetap mematuhi prosedur jaga jarak (physical distancing).

Prosedur penetapan status sehat terhadap pasien yang terkonfirmasi positif sangat hati-hati. Setelah menjalani perawatan selama satu minggu di rumah sakit, AH tetap diminta melakukan isolasi mandiri di rumahnya. “Karena hasil pemeriksaan di Balitbangkes Kemenkes atas swab pertama AH belum keluar,” kata Didik Eka.

Sempat menjadi objek pencarian lantaran tak ditemukan berada di rumahnya di Desa Dandong, Kecamatan Bandung, AH diketahui tinggal bersama istrinya di Kelurahan Jepun. Pencarian AH dilakukan karena hasil swab-nya menunjukkan positif. Tim Gugus Tugas kemudian mengirimkan AH ke tempat karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung sejak 4 April, sambil menunggu hasil swab kedua yang baru keluar Senin, 13 April 2020.

Saat ini masih ada lima pasien terkonfirmasi Covid-19, termasuk kakak perempuan dan ibu kandung AH yang masih menjalani karantina di Rusunawa IAIN. Mereka menunggu hasil swab kedua untuk menentukan langkah selanjutnya. (Hari Tri Wasono)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.