READING

Pasien Tak Jujur, 15 Tenaga Medis RS Muhammadiyah ...

Pasien Tak Jujur, 15 Tenaga Medis RS Muhammadiyah Diisolasi

KEDIRI – Sebanyak 15 tenaga medis yang terdiri dari dokter dan perawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Ahmad Dahlan terpaksa diisolasi. Mereka dikhawatirkan terpapar Covid-19 dari pasien yang menyembunyikan riwayat kesehatannya.

Belasan tenaga medis ini terpaksa menjalani isolasi mandiri dan tak bisa melaksanakan pekerjaan di rumah sakit. “Sekira 10 hari lalu, ada pasien yang mengeluhkan tanda-tanda ke arah Covid-19 namun ia tidak jujur mengatakan semuanya,” kata dr. Zainul Arifin, M. Kes, Direktur RSM Ahmad Dahlan, Senin 13 April 2020.

Karena tak mengetahui riwayat pasien yang baru saja bepergian dari daerah terjangkit, para tenaga medis yang memeriksa tidak mengenakan alat pelindung diri (APD). Mereka juga tidak memperlakukan pasien tersebut sebagaiamana ODP maupun PDP.

Kondisi pasien yang terjangkit Covid-19 baru diketahui setelah keluar hasil tes swab. Sesuai dengan protokol, semua kontak erat termasuk tenaga medis harus melakukan isolasi mandiri di rumah sambil menunggu hasil tes.

“Akhirnya kami kekurangan 15 orang tenaga medis yang sangat kami butuhkan. Kami mohon masyarakat harus jujur mengatakan semuanya,” kata dr. Zainul.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan hal yang sama. Dia meminta kepada semua masyarakat yang memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit untuk bersikap jujur. “Untuk seluruh warga Kota Kediri saya mohon, sampaikan semua data ke petugas medis dengan sejujur-jujurnya, keluhannya, pernah singgah di mana saja. Ini penting untuk memutus rantai penularan Covid-19,” imbau Mas Abu.

Hingga hari ini jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Kediri sebanyak enam orang. Jumlah ini masih lebih rendah dari Kabupaten Kediri yang mencapai 11 orang. Masyarakat diminta untuk mematui ketentuan pemerintah tentang physical distancing dan menjaga kebersihan. (Hari Tri Wasono)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.