READING

Pelancong Libur Natal Mulai Padati Stasiun Kereta ...

Pelancong Libur Natal Mulai Padati Stasiun Kereta Api

MADIUN – Kereta api masih menjadi moda transportasi favorit di libur panjang ini. Selain murah, kereta api juga cenderung bebas dari kemacetan.

Tingginya animo masyarakat pada jasa kereta api ini terpantau di hampir seluruh stasiun wilayah daop 7 Madiun. Jumlah penumpang yang naik maupun turun meningkat cukup signifikan sejak tiga hari lalu. “Pantauan kami di seluruh stasiun wilayah Daop 7 Madiun terjadi lonjakan penumpang hingga delapan persen,” kata Manager Humas Daop 7 PT KAI Ixfan Hendri Wintoko kepada Jatimplus, Minggu 23 Desember 2018.

Menurut Ixfan, peningkatan ini mulai terasa sejak tanggal 20 Desember 2018, atau lima hari sebelum peringatan Natal. Pada hari itu volume penumpang yang datang di Daop 7 sebanyak  14.967 penumpang, lebih tinggi dari jumlah penumpang di hari yang sama tahun lalu sebesar 13.916 penumpang.

Hari berikutnya yakni tanggal 21 Desember 2018 lonjakan penumpang lebih besar terjadi. Tercatat 15.616 penumpang datang di hari itu, lebih besar dari hari yang sama tahun lalu sebesar 14.086 penumpang.

Pantauan hari ketiga pada Sabtu 22 Desember 2018 jumlah kedatangan penumpang di Daop 7 Madiun mencapai 15.804 penumpang. Sedangkan tahun lalu jumlah penumpang di hari yang sama sebesar 14.683 penumpang.

Ixfan menjelaskan volume penumpang tertinggi terjadi di 23 stasiun online yang melayani naik turun penumpang. Jumlah penumpang tertinggi tercatat di Stasiun Madiun sebanyak 2.794 penumpang naik dan 3.346 untuk penumpang turun. Sedangkan jumlah penumpang terbanyak kedua berada di Stasiun Kediri dengan jumlah 2.318 penumpang naik dan 2.126 penumpang turun. Stasiun Kediri merupakan stasiun besar kelas C yang melayani kereta api reguler jarak jauh, jarak menengah, dan jarak pendek atau lokal.

Aktivitas penurunan penumpang di Stasiun Kediri. Foto: PT KAI

Peningkatan jumlah penumpang itu berdampak langsung pada ketersediaan tiket perjalanan kereta api di sejumlah jurusan. Dari pantauan data Rail Ticket Systim (RTS), penjualan tiket KA Brantas reguler, Kahuripan reguler, dan Brantas tambahan telah habis terjual mulai tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Baca juga: Kereta Api Masih Jadi Andalan Pemudik

Demikian juga untuk tiket KA Singasari telah ludes untuk tanggal keberangkatan 23 hingga 26 Desember 2018. Tiket kereta api itu juga telah habis terjual untuk periode keberangkatan tanggal 30 Desember 2018 hingga 3 Januari 2019.

Baca juga: Menjajal Kereta Super Mewah Surabaya-Jakarta

PT KAI juga telah mengidentifikasi sejumlah titik rawan di Daop 7 yang mencapai 8 titik. Yakni jalur antara Wilangan-Saradan, jalur antara Geneng-Paron, jalur antara Madiun-Barat, jalur antara Barat-Geneng, jalur antara Baron-Sukomoro 1 titik, dan jalur antara Blitar-Garum. Sebagai langkah evakuasi, telah disiagakan alat material yang siaga di 9 stasiun besar seperti Madiun, Nganjuk, Jombang, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Walikukun, dan Caruban. (*)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.